Kesimpulan Hal-hal yang Menyebabkan Persediaan Air Bersih Berkurang

Kesimpulan Hal-hal yang Menyebabkan Persediaan Air Bersih Berkurang – Pada kesempatan ini kami akan membahas seputar Kesimpulan Hal-hal yang Menyebabkan Persediaan Air Bersih Berkurang. Dengan adanya pembelajaran ini, besar harapan Ramal.id bahwa kalian dapat menggunakan artikel ini sebagai sebuah petunjuk untuk belajar. Nah segera saja untuk teman teman kelas 4 SD seketika kita belajar bersama dibawah ini :

Kesimpulan hal-hal yang menyebabkan persediaan air bersih berkurang, pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 4 halaman 116 tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2016.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Jelaskan Hubungan Sepeda Motor dengan Lingkungan. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Kesimpulan hal-hal yang menyebabkan persediaan air bersih berkurang

Ayo Membaca

Salah satu sumber daya alam yang juga menjadi sumber energi yang banyak tersedia di sekitar kita adalah air. Air menjadi sumber daya alam yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Ketersediaan air bersih menjadi sangat penting untuk menunjang berbagai kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Hari Air Sedunia
Hari air sedunia (world water day) diperingati setiap tanggal 22 Maret. Dengan adanya hari air sedunia ini, kita diingatkan bahwa persediaan air bersih semakin berkurang padahal jumlah penduduk semakin bertambah. Kebutuhan air per hari per orang dapat digambarkan dalam piramida hirarki kebutuhan air berikut.

Persediaan air bersih semakin berkurang karena cadangan air tanah berkurang. Cadangan air tanah berkurang karena air hujan tidak masuk ke dalam tanah. Sebaliknya, air hujan langsung mengalir ke parit, selokan, lalu ke sungai, dan terus ke laut. Air hujan tidak dapat masuk ke dalam tanah karena tidak ada akar-akar pohon yang dapat menahan air di dalam tanah. Banyak pohon di hutan ditebangi. Lahan-lahan hijau berubah menjadi perumahan, perkantoran, dan kawasan industri.

Berkurangnya cadangan air tanah mengakibatkan banyak mata air kering. Sumur-sumur gali pun cepat kering di musim kemarau. Akibatnya, penduduk di daerah perdesaan kesulitan mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Hasil panen pun jauh berkurang karena tanaman pangan kekeringan dan tidak bisa panen.

Ada beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk ikut membantu mengurangi krisis air bersih. Tindakan-tindakan yang dimaksud sebagai berikut.

1. Menghemat penggunaan air.
2. Membuat lubang resapan. Lubang resapan berguna untuk menampung air hujan supaya terserap ke dalam tanah.
3. Menanam pohon supaya akar-akar pohon dapat menahan air di dalam tanah.

Ayo Berlatih
Apakah yang dimaksud air bersih? Mengapa air bersih penting bagi kehidupan? Apa saja yang mengganggu ketersediaan air bersih? Berdasarkan bacaan di depan, buatlah kesimpulan tentang hal tersebut.

Tulis kesimpulan pada kolom berikut.

Kebutuhan air bersih per orang per hari
Jawaban : Kebutuhan air bersih per orang per hari kira-kira sebanyak 280 liter.

Hal-hal yang menyebabkan persediaan air bersih berkurang
Jawaban :

– Air hujan tidak masuk ke dalam tanah karena tidak ada akar-akar pohon yang dapat menahan air.
– Banyak pohon di hutan ditebang.
– Lahan-lahan hijau berubah menjadi perumahan, perkantoran, dan kawasan industri.

Akibat kekurangan air bersih
Upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi krisis air bersih

Jawaban, buka disini: Kesimpulan Upaya Apa yang Dapat Dilakukan Untuk Mengurangi Krisis Air Bersih

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 4 halaman 116. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian, Terimakasih selamat belajar! Lihat soal lainnya secara lengkap: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 116 Pembelajaran 2 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :