Kronologi Pesawat Susi Air Kecelakaan di Papua

Jakarta – Pesawat Susi Air dengan rute Timika-Duma, Papua, mengalami kecelakaan pagi tadi. Sebelumnya, pesawat Susi Air sempat kehilangan kontak.

“Memang benar ada insiden tersebut,” kata Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra ketika dihubungi dari Jayapura, Kamis (23/6/2022).

Pesawat Susi Air yang mengalami kecelakaan berjenis Pilatus Porter PK BVM Dayle Peter Houzet. Pesawat itu membawa enam penumpang dan semuanya selamat. Berikut kronologinya:

Pukul 05.34

Polisi menerima laporan pesawat dengan pilot Dayle Peter itu membawa enam penumpang dari Duma, Kabupaten Paniai. Pesawat Susi Air awalnya berangkat dari Timika menuju Duma pukul 05.34 WIT.

Pesawat tersebut seharusnya dijadwalkan kembali ke Timika sekitar pukul 08.00 WIT. Nama-nama penumpang pesawat Susi Air dalam penerbangan itu adalah Merina Dimpau, Fickien Dimpau, Philipus Dimpau, Leo Dimpau, Seruwarkis Diabilu, dan Lukas Dimbau.

Pukul 08.08

Susi Pudjiastuti pada pukul 08.08 menyampaikan kabar pesawat Susiair jenis Pilatus Porter PK BVM Dayle Peter Houzet mengalami kecelakaan. Tim Basarnas dan TNI bergerak melakukan evakuasi.

“Pesawat Susiair jenis Pilatus Porter PK BVM Dayle Peter Houzet dan 6 penumpang pagi ini mengalami Kecelakaan di rute Timika-Duma. Berita terakhir ada yang selamat. Tim evakuasi Basarnas dan TNI segera bergerak. Mohon doanya semoga semuanya Selamat. Amin YRA,” tulis Susi dalam akun Twitter resminya.

Pukul 09.00

Susi Pudjiastuti menerangkan kapten pilot dan semua penumpang pesawat Susi Air yang kecelakaan di Papua selamat.

“Update info: Jam 09:00 Captain Pilot & semua penumpang selamat. Mohon doa semua proses evakuasi dari lokasi bisa lancar dan mudah,” ujar Susi Pudjiastuti, dalam cuitan di akun resmi Twitternya, Kamis (23/6/2022).

Belum dijelaskan terkait penyebab kecelakaan pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter PK BVM Dayle Peter Houzet itu. Susi mengatakan ada enam penumpang yang berada dalam pesawat Susi Air.

Pukul 11.11

Proses evakuasi penumpang telah selesai. Susi bersyukur penumpang dan pilot bisa dievakuasi dengan cepat.

“Syukur Alhamdulillah dan terima kasih atas bantuan dan kesigapan tim Basarnas Timika dan TNI yang telah berhasil mengevakuasi korban dengan selamat,” kata Susi di Twitter.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :