Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 77 78 79 81 82 84 85 Pembelajaran 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Buku Tematik

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 77 78 79 81 82 84 85 Pembelajaran 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Buku Tematik – Pada kesempatan ini kami akan membahas perihal Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 77 78 79 81 82 84 85 Pembelajaran 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Buku Tematik. Dengan adanya pelajaran ini, besar keinginan Ramal.id bahwa kalian dapat memakai tulisan ini sebagai sebuah pedoman untuk belajar. Nah langsung saja untuk teman sahabat kelas 4 SD langsung kita belajar bersama dibawah ini :

Kunci jawaban soal Tema 1 Kelas 4 SD MI halaman 77 78 79 81 82 84 85, Subtema 2 kebersamaan dalam Keberagaman tepatnya pada materi pembelajaran 1 di buku tematik siswa. Silahkan kalian pelajari materi subtema 2 kelas 4 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 77 sampai dengan 85 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 77 78 79 81 82 84 85 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Pembelajaran 1 Buku Tematik

Suku, budaya, dan agama yang berbeda tidak menghalangi Udin, Siti, Dayu, Beni, Lani, dan Edo menjalani kebersamaan. Mereka berbagi cerita tentang budaya masing-masing dan saling belajar. Hari-hari mereka penuh keceriaan dalam kebersamaan. Hari ini mereka berkumpul bersama untuk bekerja sama.

Bacalah teks berikut dalam hati!

Bekerja Sama dalam Keberagaman

Edo dan kelima temannya mendapat tugas untuk melakukan percobaan tentang bunyi. Sepulang sekolah, mereka berkumpul di rumahnya. Setiap orang sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Lani dan Siti membawa beberapa kaleng yang sudah dilubangi. Udin dan Beni membawa benang kasur. Mereka berkumpul di halaman depan rumah. Keenam sekawan siap bekerja sama melakukan percobaan.

Saat percobaan akan dimulai, tiba-tiba terdengar adzan. Siti dan Udin meminta izin teman-temannya untuk shalat. Teman-temannya mengizinkan mereka untuk melakukan ibadah. Edo meminjamkan ruang makannya untuk digunakan Siti dan Udin Shalat. Meskipun Edo beragama Katolik, ia tidak keberatan rumahnya dipakai untuk shalat. Beni yang beragama Kristen, Dayu yang beragama Hindu, dan Lani yang beragama Buddha menunggu dengan sabar temannya beribadah. Keenam sahabat selalu menghargai satu dengan yang lain.

Tiba saatnya keenam sekawan melakukan percobaan. Setiap orang menunjukkan tanggung jawabnya dalam bekerja. Tidak ada satu pun di antara mereka yang duduk diam atau memberi perintah saja. Semuanya ikut bagian dalam percobaan. Saat Dayu membutuhkan pertolongan memotong benang, Udin datang membawakan gunting. Saat Edo kesulitan menalikan benang di kaleng, Siti ikut membantu. Keenam sahabat bekerja sama dengan semangat. Mereka hidup rukun, saling membantu meskipun berbeda agama.

Setelah melakukan percobaan tentang perambatan bunyi, Edo dan sahabatnya juga belajar bersama tentang sumber bunyi. Mereka membaca buku yang menyatakan bahwa telinga bisa mengetahui sumber bunyi.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 77 sampai 79

Bacalah setiap paragraf dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya pada diagram yang telah disediakan.

Bacalah paragraf pertama dan isi diagram berikutnya!

Jawab:

Gagasan Pokok dan Pendukung Paragraf 1

gagasan pokok dan gagasan pendukung teks Bekerja Sama dalam Keberagaman

No. Paraggraf Gagasan Utama Gagasan Pendukung
1. Paragraf 1 Edo dan kelima temannya mendapat tugas untuk melakukan percobaan tentang bunyi.
  1. Sepulang sekolah, mereka berkumpul di rumanya.
  2. Setiap orang sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.
  3. Lani dan Siti membawa beberapa kaleng yang sudah dilubangi.
  4. Udin dan Beni membawa benang kasur.
  5. Mereka berkumpul di halaman depan rumah.
  6. Keenam sekawan siap bekerja sama melakukan percobaan.
2. Paragraf 2 Keenam sahabat selalu menghargai satu dengan yang lain.
  1. Saat percobaan akan dimulai, tiba-tiba terdengar adzan.
  2. Siti dan Udin meminta izin teman-temannya untuk shalat.
  3. Teman-temannya mengizinkan mereka untuk melakukan ibadah.
  4. Edo meminjamkan ruang makannya untuk digunakan Shalat.
  5. Edo tidak keberatan rumahnya dipakai untuk shalat.
  6. Teman yang lain menunggu dengan sabar.
3. Paragraf 3 Mereka hidup rukun, saling membantu meskipun berbeda agama
  1. Tiba saatnya keenam sekawan melakukan percobaan.
  2. Setiap orang menunjukkan tanggung jawabnya dalam bekerja.
  3. Tidak ada satu pun di antara mereka yang duduk diam atau memberi perintah saja.
  4. Semuanya ikut bagian dalam percobaan.
  5. Saat Dayu membutuhkan pertolongan memotong benang, Udin datang membawakan gunting.
  6. Saat Edo kesulitan menalikan benang di kaleng, Siti ikut membantu.
  7. Keenam sahabat bekerja sama dengan semangat.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 81

Ayo Mencoba

Ayo, kita membuktikannya dengan melakukan percobaan.

Di Manakah Bunyi?

Tujuan: Mengidentifikasi sumber dan tempat bunyi berasal.
Alat dan Bahan: Alat musik tradisional setempat (misalnya angklung)

Langkah Kerja:
1. Duduklah di kursi dan tutup matamu dengan kain. Mintalah temanmu untuk memainkan alat musik tradisional (misalnya angklung) di sekitarmu.
2. Tunjuklah tempat yang kamu anggap sebagai asal bunyi. Berapa kalikah kamu menebak dengan tepat?

Buatlah laporan dari salah satu percobaan yang kamu lakukan!

Contoh Laporan Hasil Percobaan

Nama Percobaan : Percobaan Sumber Bunyi
Tujuan Percobaan : Mengidentifikasi sumber dan tempat bunyi berasal
Alat-alat : Alat musik tradisional setempat (misalnya angklung)

Langkah Kerja :

  1. Duduklah di kursi dan tutup matamu dengan kain. Mintalah temanmu untuk memainkan alat musik tradisional (misalnya angklung) di sekitarmu.
  2. Tunjuklah tempat yang kamu anggap sebagai asal bunyi. Berapa kalikah kamu menebak dengan tepat?

Hasil Percobaan ; Dari percobaan di atas dapat dinyatakan bahwa dengan mata tertutup, kita masih dapat mendengar bunyi dengan jelas pada jarak tertentu karena bunyi merambat melalui udara. Bunyi kemudian merambat melalui udara dan ditangkap oleh telinga kita.

Kesimpulan : Bunyi merambat memlui udara dari sumber bunyi ke telinga kita. Getaran bunyi mengenai gendang telinga dan diubah menjadi pesan/ sinyal listrik di telinga bagian dalam. Sinyal tersebut kemudian diteruskan oleh saraf pendengaran menuju otak yang kemudian menterjemahkan jenis dari bunyi tersebut.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 82

Indra Pendengar (Telinga)

Kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah menciptakan bentuk tubuh yang paling sempurna. Salah satunya adalah kita diberi indra pendengar (telinga). Dengan menggunakan indra ini, kita bisa mendengar berbagai suara, seperti kicauan burung, suara air mengalir, dan musik. Apa saja bagian dan fungsi indera pendengar?

Hal apa yang perlu kita lakukan untuk merawatnya? Mari kita pelajari lebih jauh.

Bagaimana telinga merasakan getaran? Semua bunyi membuat udara bergetar. Getaran bunyi mengenai gendang telinga yang berupa selembar kulit tipis. Saat itulah gendang telingamu juga mulai bergetar. Getaran dari gendang telingamu menjadi lebih besar di telinga tengahmu dan diubah menjadi pesan-pesan listrik di telinga dalammu.

Apakah kamu pernah mengalami gangguan indra pendengar? Ceritakan!

Jawab: Saya belum pernah mengalami gangguan indera pendengar. (disesuaikan dengan kondisimu)

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 84 – 85

Berdasarkan teks “Belajar dari Cerita”, jawablah pertanyaan berikut!
1. Apakah perbedaan yang dimiliki oleh enam sekawan menghalangi mereka untuk berteman dan bekerja sama? Jelaskan!
Jawab: Perbedaan enam Sekawan tidak menghalangi untuk beteman dan bekerja sama. Dengan perbedaan yang ada, mereka dapat saling melengkapi dan saling belajar.

2. Bagaimana sikapmu jika kamu bermain dengan teman yang berbeda agama?
Jawab: Kita harus saling menghargai dan menghormati karena walaupun berbeda agama.

3. Ceritakan pengalamanmu memiliki teman yang berbeda agama. Perbedaan apa yang kamu ketahui? Bagaimana sikapmu terhadap perbedaan tersebut?
Jawab: Saya memiliki teman yang berbeda agama. Perbedaan yang saya ketahui adalah cara beribadahnya. Teman saya yang beragama Budha beribadah di Vihara, doa-doa yang mereka ucapkan juga berbeda. Menurut saya perbedaan tersebut sangat menarik.

Kerjasama dengan Orang Tua : Diskusikan dengan orang tua mengenai contoh-contoh kerukunan dalam keragaman agama di sekitar rumahmu.

Jawab: buka DISINI.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 1 kelas 4 SD MI halaman 77 78 79 81 82 84 85 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman pembelajaran 1 pada buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Baca Juga : Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 88 89 93 94 95 96 99 Pembelajaran 2 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :