Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 100 101 102 103 104 Pembelajaran 4 Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat – SD Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 100 101 102 103 104 Pembelajaran 4 Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat – Pada kesempatan ini kami akan membahas perihal Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 100 101 102 103 104 Pembelajaran 4 Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat. Dengan adanya pembelajaran ini, besar harapan Ramal.id bahwa kalian dapat memakai artikel ini sebagai sebuah petunjuk untuk belajar. Nah langsung saja untuk sahabat teman kelas 5 SD segera kita belajar bersama dibawah ini :

Kunci Jawaban Tema 3 makanan sehat Kelas 5 Halaman 100 101 102 103 104 pembelajaran 4, tepatnya pada rangkuman materi subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat. Untuk mengerjakan soal-soal tersebut, baca terlebih dahulu pembelajarannya secara lengkap! Mulai dari halaman 100 sampai 106 di buku tematik siswa.

Sebelumnya sudah kita bahas Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 halaman 96 97 98 pembelajaran 3 secara lengkap. Kalian dapat melihat pembahasan kunci jawaban dengan klik link diatas.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 100 101 102 103 104 Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat pembelajaran 4

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 100

Bacalah percakapan Udin dan teman-temannya secara bergantian!
Udin : “Aku tidak menyangka ternyata teman-teman kita memiliki beranekaragam keterampilan yang luar biasa.”

Beni : “Hahaha, betul, Din. Ada yang menulis bahwa ia mahir bermain gitar, ada yang terampil bermain drum, ada pula yang merdu suaranya. Wah, mereka bisa membentuk sebuah band sekolah, Din!”

Lani : “Seru sekali, ya! Bayangkan kalau di dalam sebuah kelas, kita semua hanya terampil bermain drum, tapi tidak ada yang terampil bermain alat-alat musik lainnya, dan bahkan tidak ada yang pandai bernyanyi.”

Siti : “Itulah salah satu kekuatan keragaman yang kita miliki, ya, Lan. Bahwa dengan perbedaan yang ada, kita dapat saling mengisi dan melengkapi.

Soal

Begitu pula dengan para petani yang beranekaragam keahliannya. Ada yang memiliki sawah, kebun singkong, kebun jagung, dan lain-lain. Pada pembahasan sebelumnya, para petani yang memanfaatkan sistem irigasi ini bernaung dalam satu wadah organisasi agar mereka dapat saling membantu satu sama lain.

Apa ya jadinya jika tidak ada kerukunan antar para petani tersebut?

Jawaban: Jika tidak ada kerukunan antar para petani maka akan memecah belah para petani yang ada dilingkungan atau didalam suatu organisasi sehingga menimbulkan permusuhan.

Apakah perbedaan yang terdapat dalam masyarakat memberikan manfaat bagi kemajuan pembangunan masyarakat tersebut? Jelaskan!

Jawaban : Dengan adanya perbedaan dalam masyarakat dapat memberikan manfaat seperti masyarakat menjadi cepat berkembang karena adanya suatu perbedaan

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 101

Sanggar Tari, Wadah Para Penari Tradisional Sanggar tari merupakan sebuah organisasi yang sengaja dibuat untuk mewadahi kreativitas seni warga masyarakat, khususnya dalam hal seni tari. Di sinilah tempat berkumpul mereka yang ingin mengenal lebih dekat tentang tarian tradisional khas daerah mereka. Sanggar tari juga tempat berkumpul para penari di daerah sekitar yang ingin memajukan dan melestarikan budaya daerah mereka.

Dalam sebuah sanggar seni, para anggota umumnya mengadakan latihan tari bersama, kemudian mempersiapkan diri untuk turut serta dalam lomba tari atau pementasan seni tari lainnya. Dalam kertas gambar A4, buatlah sebuah gambar yang menceritakan tentang beragam aktivitas yang berlangsung di dalam sanggar tari Kambang Tigarun di atas. Gunakanlah imajinasimu. Warnai dengan rapi.

• Siapa sajakah yang menjadi anggota di sanggar tari tersebut?

Jawaban : Yang menjadi anggota sanggar tari Kambang Tiga Arum beranggotakan orang yang baru masuk dan orang yang sudah lama berkecimpung di dunia tari.

• Berasal dari manakah anggota sanggar tari di dalam gambar buatanmu?

Jawaban : Berasal dari para muda-mudi Kalimantan Selatan.

• Apakah mereka memiliki latar belakang sosial ekonomi yang sama atau berbeda? Jelaskan!

Jawaban : Para anggota sanggar tari memiliki latar belakang sosial ekonomi yang berbeda-beda karena semua dapat menjadi anggota Sanggar Tari ini.

• Buatlah sebuah cerita singkat tentang keberagaman yang terdapat dalam sanggar tari Kambang Tigarun berdasarkan pada jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas.

Jawaban, buka disini: Cerita Singkat Keberagaman Terdapat dalam Sanggar Tari Kambang Tigarun

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 102

Tampaknya, keragaman sosial budaya menjadi modal pembangunan nasional. Setujukah kamu dengan pernyataan tersebut?

Jawaban : Ya setuju.

Pendapatku tentang pernyataan “ Keragaman Sosial Budaya menjadi Modal Pembangunan Nasional”

Jawaban : Dengan keberagaman suku dan budaya yang dimiliki, kita dapat belajar untuk saling menghargai dan bertoleransi satu sama lain. Dengan kita saling menghargai dan toleransi satu sama lain maka akan terhindar dari adanya perpecahan sehingga persatuan dan kesatuan akan terjaga dengan baik.

Sanggar tari merupakan sebuah contoh swadaya masyarakat untuk pembangunan sosial budaya di daerah mereka.

Sebutkan contoh-contoh keragaman sosial budaya yang dapat ditemukan di daerahmu. Jika itu berbentuk bahasa daerah, sebutkan nama dari bahasa daerah tersebut, dan seterusnya.
Contoh keragaman sosial budaya:

Jawaban: Keberagaman Suku Bangsa meliputi suku betawi (DKI Jakarta), Jawa (Pulau Jawa), Batak dan Nias (Sumatera Utara), Minangkabau (Sumatara Barat), Sunda (Jabar), Dayak (Kalimantan), Sasak dan Sumbawa (NTB), Bugis dan Toraja (Sulsel), Sentani dan Asmat (Papua), Suku Madura dan Tengger (Jatim).

Keberagaman Bahasa meliputi bahasa Jawa (Jateng, jatim dan DIY), Bahasa Aceh (Aceh), Batak (Sumut), Minangkabau(Sumbar), Betawi (DKI Jakarta), Sunda (Banten dan Jabar)

Sebutkan manfaat keragaman sosial budaya bagi masyarakat, misalnya untuk menarik para wisatawan asing dan dalam negeri berkunjung dan lain-lain. Isilah dalam kolom berikut ini.

Jawaban : Simak lengkapnya DISINI

– Menarik minat para wisatawan asing dan dalam negeri untuk berkunjung

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 103

Pada pertemuan sebelumnya, kelompokmu sudah mulai membuat rancangan iklan layanan masyarakat tentang pentingnya keragaman sebagai modal pembangunan bangsa. Buatlah naskah untuk iklan kelompokmu dengan menentukan judul iklan beserta tokoh-tokohnya. Durasi iklan adalah 2-4 menit. Pastikan menggunakan tokoh yang berasal dari keberagaman yang dapat kamu temui dari lingkungan sekitar. Gunakan kalimat berbahasa Indonesia yang baik dan santun.

Jawaban :

Jumlah pemeran: Empat Orang
Judul iklan: Keragaman sebagai Modal Pembangunan Bangsa
Naskah iklan:

Empat orang siswa sedang berada di taman sekolah saat istirahat. Mereka sedang berbincang tentang kegiatan yang akan mereka rencanakan untuk mengisi kegiatan pentas seni di sekolahnya.

Siswa 1: “Apa rencana kalian untuk kegiatan pentas seni di sekolah Minggu depan?”
Siswa 2: “Kalau aku sih inginnya menampilkan tarian dari Jawa Tengah. Karena aku berasal dari Semarang.”
Siswa 3: “Yah…aku gimana dong, aku kan dari Bandung dan tidak bisa menari tari Jawa…”
Siswa 4: “Bagaimana dong jadinya. Sulit kayaknya menampilkan tarian dari Jawa nih..”
Siswa 2: “Jangan bingung, nanti aku yang akan mengajari kalian tarian dari Jawa. Bagaimana, setuju?”
Siswa 1: “Aku sih setuju sekali. Bagaimana kalau latihannya nanti jam empat sore?”
Siswa 2 dan 3: “Setuju ! (bersamaan)

Mereka berempat pun membubarkan diri dan masuk ke dalam kelas untuk mengikuti pelajaran seperti biasanya. Waktu berlalu dan sampai pada saat pulang sekolah. Mereka pulang ke rumah masing-masing.

Kata Kunci Iklan

Jawaban: Keragaman sebagai Modal Pembangunan Bangsa

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 104

Dalam pembuatan iklan di sebuah media elektronik, diperlukan alat bantu yang dinamakan storyboard. Storyboard berbentuk sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah. Dengan bantuan storyboard, kita dapat menyampaikan ide cerita dengan mudah kepada orang lain. Hal ini sangat penting agar setiap pihak yang berperan dalam pembuatan iklan memiliki pengertian yang sama dengan apa yang kita hendaki.

Jawaban, buka disini: Buatlah Sketsa Gambar Berdasarkan Naskah atau Storyboard Halaman 104

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 3 kelas 5 halaman 100 101 102 103 104 materi subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat pembelajaran 4 di buku paket tematik. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Baca juga : Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 5 Halaman 108 109 110 111

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :