Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 114 115 116 119 120 121 Pembelajaran 3 Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem Buku Tematik – SD Kelas 5

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 114 115 116 119 120 121 Pembelajaran 3 Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem Buku Tematik – Pada kesempatan ini kami akan membahas seputar Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 114 115 116 119 120 121 Pembelajaran 3 Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem Buku Tematik. Dengan adanya pembelajaran ini, besar keinginan Ramal.id bahwa kalian dapat memakai tulisan ini sebagai sebuah pedoman untuk belajar. Nah lantas saja untuk sahabat teman kelas 5 SD langsung kita belajar bersama dibawah ini :

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 114 115 116 119 120 121 pembelajaran 3 Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem tepatnya pada materi di buku tematik siswa. Silahkan kalian pelajari materi subtema 3 kelas 5 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 114 sampai 121 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 114 115 116 119 121 Pembelajaran 3 Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 114

Dari artikel Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat tersebut, tentukanlah pikiran utama pada setiap paragraf. Lalu, carilah informasi penting dari setiap paragraf tersebut. Tuliskan tugas itu di dalam tabel di bawah ini

Jawaban :

Paragraf Pikiran Utama Informasi Penting
1 Secara geografis, Indonesia diapit dua samudra dan juga dua benua. Di sebelah barat laut berbatasan dengan Benua Asia. Di sebelah tenggara berbatasan dengan Benua Australia. Di sebelah barat daya, berbatasan dengan Samudra Hindia dan di sebelah timur laut berbatasan dengan Samudra Pasifik.
2 Letak yang sangat strategis ini memberikan pengaruh sosial budaya yang besar terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Bangsa Indonesia menyadari pentingnya bekerja sama, saling membantu dan peduli terhadap kehidupan masyarakat negara sekitarnya. Serta bangsa Indonesia juga menyadari bahwa negara-negara yang berada di sekitarnya akan menjadi kekuatan tersendiri.
3 Wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang dipisahkan oleh selat dan laut merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Kondisi tersebut melahirkan keanekaragaman bahasa, suku, agama, dan kebudayaan daerah. Keanekaragaman ini menjadi keunikan yang mengundang bangsa lain untuk berkunjung dan mempelajari budaya Indonesia.

Berdasarkan tabel di atas, buatlah kesimpulanmu dalam tulisan satu paragraf. Gunakan kosakata baru dari bacaan dan bahasamu sendiri, dan tuliskan kesimpulanmu dengan rapi di tempat yang telah tersedia.

Jawaban : Secara geografis Indonesia memiliki letak yang sangat strategis karena diapit oleh dua samudra dan benua. Hal ini membuat Indonesia menjadi negara terbuka untuk bekerja sama dengan negara-negara di sekitarnya untuk mendukung perkembangan bangsa Indonesia. Selain itu wilayah negara Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau membuat Indonesia memiliki keanekaragaman seperti budaya.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 115 Sampai 116

Berdasarkan bacaan tersebut atau sumber informasi lainnya, jawablah pertanyaan berikut ini.
1. Bagaimana bangsa Indonesia memandang keberadaan negara-negara lain di sekitar?
2. Apa sajakah pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan sosial masyarakat?
3. Bagaimana pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan budaya masyarakat?
4. Apakah yang dimaksud dengan kebudayaan daerah?
5. Tuliskan beberapa bentuk budaya daerah Indonesia!
6. Tuliskan beberapa bentuk budaya daerahmu!

Jawaban, buka disini: Bagaimana Bangsa Indonesia Memandang Keberadaan Negara-negara Lain di Sekitar

Ayo Berlatih

Kegiatan gotong royong dan bentuk kebudayaan daerah merupakan salah satu bentuk pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kehidupan sosial dan budaya masyarakat. Lakukan kegiatan berikut ini bersama dengan teman sekelompokmu.

Membuat Kliping
1. Bahan dan alat: guntingan kertas koran atau majalah, foto-foto, gambar dari internet, kertas ukuran folio warna-warni, spidol warna-warni, dan alat tulis lain.

2. Langkah-langlah:
• Carilah masing-masing tiga gambar yang menunjukkan kegiatan sosial masyarakat dan budaya daerah di sekitarmu. Gambar dapat berasal dari koran, majalah, foto hasil karyamu, atau gambar dari internet.
• Carilah keterangan sebanyak-banyaknya tentang gambar yang kamu pilih dan hubungannya dengan kehidupan sosial budaya masyarakat.
• Apabila peristiwa tersebut terjadi di sekitarmu, lakukan wawancara atau bertanyalah sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan keterangan tentang peristiwa tersebut.
• Tempelkan satu gambar pada satu kertas. Lalu, tuliskan keterangan di bawahnya dengan menggunakan kata tanya: siapa, mengapa, kapan, di mana, bagaimana, dan apa.
• Tuliskanlah kesimpulanmu.
• Susunlah dengan rapi dan menarik tugas kelompokmu. Kumpulkan semua kertas yang berisi gambar dan keterangan gambar untuk dijilid.
• Presentasikan hasil kerja kelompokmu di depan kelas.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 119 Sampai 120

Bacalah kembali dengan saksama artikel di atas dan amatilah gambarnya. Lalu, diskusikanlah pertanyaan berikut ini bersama dengan teman sebangkumu.

1. Pada gambar di atas, polisi adat Bali yang dinamakan pecalang ikut membantu masyarakat Muslim untuk menjalankan sholat tarawih di salah satu masjid di Bali. Masyarakat Muslim di Bali kebanyakan adalah masyarakat pendatang yang berasal dari daerah di luar Bali. Misal dari Jawa, Makasar, atau Sumbawa, yang memiliki kehidupan sosial dan budaya yang berbeda.

a. Menurutmu, mengapa para pecalang itu mau menjaga keamanan umat Islam?
b. Apakah manfaat yang mereka dapatkan dengan membantu masyarakat Muslim manjalankan ibadah agamanya?
c. Apakah manfaat yang diperoleh masyarakat Muslim di Bali dengan adanya pecalang tersebut?
d. Catatlah hasil diskusimu dalam bentuk peta pikiran.

Jawaban :

a. Karena sebagai pemeluk Hindu mereka meyakini bahwa ajaran “TAT TWAM ASI” atau saling asih tak hanya dilakukan kepada orang yang sama-sama Hindu tetapi juga berlaku untuk yang beda iman. Umat dari keyakinan lain pun harus diperlakukan sama.

b. Manfaatnya yaitu dapat terhindar dari adanya perpecahan antar umat beragama, menciptakan suasana damai, dan mempererat tali silaturahmi antar umat beragama.

c. Ketika umat Islam menjalankan ibadahnya, para pecalang ikut menjaga tempat-tempat ibadah sehingga ibadah dapat berjalan dengan lancar.

d.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 119

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 121

2. Bagaimana dengan kehidupan sosial budaya di daerahmu? Adakah peristiwa serupa yang terjadi di daerah tempat tinggalmu? Bagaimana masyarakat di daerah tempat tinggalmu berinteraksi satu dengan yang lain? Ceritakanlah salah satu peristiwa yang menunjukkan adanya persatuan dan kesatuan masyarakat yang berbeda sosial dan budayanya. Jelaskanlah manfaat yang diperoleh masyarakat dengan adanya persatuan dan kesatuan sosial budaya masyarakat. Jelaskanlah kesimpulanmu.

Ayo Berlatih

1. Apa saja manfaat yang diperoleh bangsa Indonesia dengan letak geografis yang strategis sehubungan dengan kehidupan sosial masyarakat?
2. Apa saja manfaat yang diperoleh bangsa Indonesia dengan letak geografis yang strategis sehubungan dengan kehidupan budaya masyarakatnya?
3. Jelaskan manfaat persatuan dan kesatuan masyarakat di tempat tinggalmu!

Jawaban :

1. Buka disini: Apa Saja Manfaat yang Diperoleh Indonesia dengan Letak Geografis Strategis

2. Manfaat yang diperoleh dengan letak geografis yang strategis sehubungan dengan kehidupan budaya masyarakat yaitu bangsa Indonesia memiliki keanekaragaman bahasa, suku, agama, dan kebudayaan daerah yang mengundang bangsa lain untuk berkunjung dan mempelajari budaya Indonesia.

3. Manfaatnya yaitu lingkungan menjadi bersih, dan sehat, lingkungan menjadi aman dan nyaman, dan tercipta sikap saling tenggang rasa.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 5 kelas 5 halaman 114 115 116 119 120 121 Subtema 3 Keseimbangan Ekosistem pada pembelajaran 3 di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar!

Ikuti berita Ramal.id hari ini, terbaru dan terkini. Anda bisa bergabung mengikuti Ramal.id di Google News pada tautan ini.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :