Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 21 23 24 26 Pembelajaran 3 Subtema 1 Komponen Ekosistem Buku Tematik – SD Kelas 5

  • Whatsapp


Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 21 23 24 26

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 21 23 24 26 Pembelajaran 3 Subtema 1 Komponen Ekosistem Buku Tematik – Pada kesempatan ini kami akan membahas perihal Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 21 23 24 26 Pembelajaran 3 Subtema 1 Komponen Ekosistem Buku Tematik. Dengan adanya pelajaran ini, besar harapan Ramal.id bahwa kalian bisa menggunakan artikel ini sebagai sebuah pedoman untuk belajar. Nah langsung saja untuk teman sahabat kelas 5 SD langsung kita belajar bersama dibawah ini :

Kunci jawaban Tema 5 Kelas 5 halaman 21 23 24 26 pembelajaran 3 Subtema 1 Komponen Ekosistem, tepatnya pada materi di buku tematik siswa. Silahkan kalian pelajari materi subtema 1 kelas 5 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 21 sampai 26 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 21 23 24 26 Subtema 1 Komponen Ekosistem Pembelajaran 3 Buku Tematik

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 21

Pada halaman 20 terdapat bacaan yang berjudul Mengenal Letak Geografis Indonesia. Berdasarkan bacaan tersebut, lakukanlah kegiatan berikut.

1. Menentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan dengan menggunakan tabel di bawah ini.
Jawaban :

Paragraf Pikiran Utama Informasi Penting
1 Letak geografis merupakan letak suatu daerah atau negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Letak geografis sebuah daerah atau negara dibatasi oleh letak geografis daerah atau negara lain yang berbatasan.
2 Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia berbatasan langsung dengan negara seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Papua Nugini, dan Australia.
3 Negara Indonesia merupakan negara kepulauan. Terdapat lebih dari 17.000 pulau. Beberapa pulau besar di Indonesia antara lain Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua. Beberapa pulau kecil yang berada di wilayah Indonesia antara lain Pulai Nias, Siberut, Bangka, Belitung, Madura, Bali, Lombok, Flores, Ambon, dan Halmahera.
4 Wilayah negara Indonesia membentang dari Sabang di barat hingga Merauke. Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km2. Luas perairan Indonesia adalah 3.257.483 km2.

2. Perhatikan kembali gambar peta pada halaman 20.
a. Tuliskanlah nama negara-negara yang berbatasan wilayah daratannya dengan Indonesia.
b. Tuliskan nama perairan yang mengelilingi wilayah negara Indonesia.
c. Berilah tanda silang (X) pada pulau-pulau besar di wilayah negara Indonesia yang disebutkan di dalam bacaan.
d. Lingkarilah pulau-pulau kecil yang ada di wilayah negara Indonesia seperti yang disebutkan di dalam bacaan.
e. Apakah yang dapat kamu simpulkan dari letak geografis Indonesia?

Jawaban, buka disini: Nama Negara-Negara yang Berbatasan Daratannya dengan Indonesia

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 23 Sampai 24

Kali ini kamu akan mencoba untuk menggambar sebuah peta geografis Indonesia secara sederhana. Kamu akan menggambar peta yang memiliki skala yang sama dengan peta aslinya. Untuk itu, kamu memerlukan beberapa alat dan bahan seperti buku atlas, kertas gambar ukuran A4, penggaris, pensil, dan pensil warna. Lalu, ikutilah tahap-tahap berikut ini.

Jawaban : Berikut gamabar peta Indonesia yang dapat kalian gambar dengan mudah.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 SD Halaman 23 24

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 26

Pada halaman 25 terdapat bacaan yang berjudul Peristiwa Sumpah Pemuda 1928.
Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut ini.
A. Menjawab pertanyaan:
1. Bagaimana pengaruh organisasi Budi Utomo terhadap peristiwa Sumpah Pemuda 1928?
2. Mengapa Belanda membatasi kegiatan berorganisasi masyarakat pada saat itu?
3. Bagaimana pengaruh peristiwa Sumpah Pemuda terhadap kehidupan masyarakat saat ini?
4. Bagaimana persatuan dan kesatuan bangsa berperan dalam usaha untuk membebaskan diri dari penjajahan?

Jawaban, buka disini: Bagaimana pengaruh organisasi Budi Utomo terhadap peristiwa Sumpah Pemuda 1928

B. Membuat poster tentang manfaat nilai persatuan dan kesatuan:

Bersama dengan seorang temanmu, buatlah sebuah poster sederhana yang berisi ajakan kepada siswa lain untuk bersatu berdasarkan peristiwa Sumpah Pemuda. Gunakanlah sebuah kertas gambar A4 untuk menggambarkannya.

Jawaban, buka disini: Poster Tentang Manfaat Nilai Persatuan dan Kesatuan

Ayo Berlatih

1. Apakah yang dimaksud dengan letak geografis?
2. Komponen apa sajakah yang ada pada sebuah peta?
3. Wilayah Indonesia berada pada posisi yang sangat strategis. Jelaskanlah makna kalimat tersebut.
4. Bagaimana peristiwa Sumpah Pemuda bisa meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa?

Jawaban :

1. Letak geografis merupakan letak suatu wilayah yang dilihat dari kenyataan di permukaan bumi.

2. Didalam sebuah peta terdapat komponen-komponen seperti judul, garis tepi, garis astronomi, skala, mata angin, simbol, dan legenda.

3. Secara geografis Negara Indonesia terletak pada posisi yang sangat strategis karena berada di antara 2 benua yaitu Benua Asia dan Australia serta 2 samudra yaitu Samudra Hindia dan Pasifik.

4. Sumpah Pemuda menjadi peristiwa yang membuktikan bahwa persatuan dan kesatuan mampu memperkuat kekuatan bangsa. Peristiwa ini hendaknya tidak hanya menjadi sejarah, tetapi juga harus dilaksanakan oleh para penerus bangsa untuk menuju bangsa yang lebih maju lagi. Hal ini di harapkan peristiwa Sumpah Pemuda bisa meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa

Ayo Renungkan

Nilai-nilai apa sajakah yang dapat kamu ambil dari Peristiwa Sumpah Pemuda? Menurutmu, apa saja yang perlu dilakukan oleh bangsa Indonesia yang tinggal di wilayah yang berbatasan dengan beberapa Negara lainnya?

Jawaban : Nilai yang dapat diambil dari peristiwa Sumpah Pemuda yaitu cinta bangsa Dan tanah air, persatuan, sikap rela berkorban, mengutamakan kepentingan bangsa, dapat menerima dan menghargai perbedaan, semangat persaudaraan, meningkatkan semangat gotong royong dan kerja sama.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban soal tema 5 kelas 5 halaman 21 23 24 26 subtema 1 Komponen Ekosistem pada pembelajaran 3 di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar!

  • Whatsapp

Related posts