Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 30 31 32 34 35 36 Pembelajaran 4 Subtema 1 Komponen Ekosistem Buku Tematik – SD Kelas 5

  • Whatsapp


Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 30 31 32 34 35 36 Subtema 1 Komponen Ekosistem Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 30 31 32 34 35 36 Pembelajaran 4 Subtema 1 Komponen Ekosistem Buku Tematik – Pada kesempatan ini kami akan membahas seputar Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 30 31 32 34 35 36 Pembelajaran 4 Subtema 1 Komponen Ekosistem Buku Tematik. Dengan adanya pelajaran ini, besar kemauan Ramal.id bahwa kalian dapat menggunakan tulisan ini sebagai sebuah petunjuk untuk belajar. Nah langsung saja untuk teman sahabat kelas 5 SD seketika kita belajar bersama dibawah ini :

Kunci jawaban Tema 5 Kelas 5 halaman 30 31 32 34 35 36 pembelajaran 4 Subtema 1 Komponen Ekosistem, tepatnya pada materi di buku tematik siswa. Silahkan kalian pelajari materi subtema 1 kelas 5 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 30 sampai 36 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 30 31 32 34 35 36 Subtema 1 Komponen Ekosistem Pembelajaran 4 Buku Tematik

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 30

Pada halaman 29 sampai 30 terdapat bacaan yang berjudul Indonesia sebagai Negara Maritim dan Agraris.

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah kegiatan berikut.
1. Menentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan dengan menggunakan tabel di bawah ini.

Jawaban :

Paragraf Pikiran Utama Informasi Penting
1 Indonesia memiliki kondisi geografis yang unik di antara negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara. Negara kepulauan merupakan salah satu ciri dari negara maritim. Negara maritim adalah negara yang memiliki luas laut lebih besar dibandingkan dengan luas daratan.
2 Selain sebagai negara kepulauan dan maritim, berdasarkan kondisi geografisnya, Indonesia juga merupakan negara agraris. Negara agraris adalah negara yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani. Tanah yang subur merupakan sumber daya alam yang penting untuk pertanian dan perkebunan.
3 Keberadaan negara Indonesia sebagai negara tropis juga sangat menguntungkan. Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim kering atau musim kemarau dan musim hujan. Kekayaan laut dan pertanian merupakan sumber daya andalan Indonesia.

2. Membuat ringkasan berdasarkan bacaan

Dengan menggunakan tabel yang berisi pokok pikiran dan informasi penting di atas, buatlah sebuah ringkasan. Tuliskanlah ringkasanmu dalam satu paragraf dengan menggunakan kalimatmu sendiri. Perhatikan tanda baca, penggunaan huruf kapital yang tepat, dan penggunaan kata-kata baku dalam kalimat bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Jawaban, buka disini: Ringkasan Berdasarkan Bacaan Indonesia Sebagai Negara Maritim Dan Agraris

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 31 Sampai 32

Ayo Mencoba

Dengan menggunakan peta, kamu dapat mengetahui kondisi geografis sebuah negara termasuk kenampakan alamnya. Perhatikan dua kenampakan alam di samping. Tahukah kamu nama kenampakan alam tersebut? Dengan mengetahui kenampakan alam, kamu juga dapat mengetahui potensi sumber daya alam yang tersedia dan mata pencaharian penduduk yang ada di sekitarnya. Kini saatnya bagimu untuk mengetahui kondisi geografis daerahmu sendiri dengan menggunakan peta. Bekerjalah bersama dengan teman sebangkumu untuk melakukan kegiatan ini.

Siapkanlah alat dan bahan seperti peta pulau tempat kamu tinggal, kertas gambar ukuran A4, penggaris, pensil, dan pensil warna. Bacalah kembali langkah-langkah menggambar peta seperti yang telah dijelaskan pada pembelajaran sebelumnya. Gunakan pensil warna untuk menunjukkan pada petamu tentang ketinggian daerah masing-masing.

Perhatikanlah nama berbagai kenampakan alam yang ada, seperti nama gunung, selat, atau laut yang berada di wilayah tersebut. Dengan menggunakan warna yang berbeda, seperti pada peta asli, kamu dapat membedakan tingkat ketinggian daratan dan kedalaman lautan. Dari data tersebut, kamu dapat mengetahui daerah mana yang lebih rendah atau lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lainnya.

Daerah dengan dataran tinggi seperti pegunungan biasanya penduduknya bertani sayuran. Daerah yang lebih rendah, biasanya penduduknya bertani padi dengan mengolah sawah. Bagaimana dengan daerah yang berada dekat laut? Gunakan gambar peta yang telah diwarnai untuk menunjukkan dan menjelaskan informasi tentang kemungkinan kegiatan penduduk di daerah yang memiliki perbedaan kenampakan alam. Lalu, tuliskanlah kesimpulanmu pada tempat yang telah disediakan.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 34

Pada halaman 33 sampai 34 terdapat bacaan tentang Usaha Mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dengan menggunakan informasi dari bacaan di atas dan dari sumber lainnya, jawablah pertanyaan berikut ini.

1. Mengapa tanggal 20 Mei yang merupakan tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional?

2. Bagaimana peran dr. Wahidin Soedirohusodo terhadap berdirinya organisasi Budi Utomo?

3. Apa saja yang mengancam persatuan dan kesatuan NKRI pada waktu dulu dan sekarang? Jelaskan!

4. Apa saja usaha yang telah dilakukan untuk mengatasi ancaman terhadap keutuhan NKRI pada waktu dulu dan sekarang?

Jawaban, buka disini: Mengapa tanggal 20 Mei yang merupakan tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 35

Ayo Berlatih

Membuat Kliping

Terdapat banyak cara untuk mempersatukan bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan yang besar ini. Sikap bangsa Indonesia yang terbuka, merupakan salah satu sikap yang sangat penting dalam persatuan bangsa. Di dalam kehidupan sehari-hari, dari dulu hingga kini, terekam banyak peristiwa yang menunjukkan usaha-usaha menjaga persatuan bangsa.

Bersama dengan teman sekelompokmu, buatlah sebuah kliping yang menunjukkan usaha-usaha menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat. Gunakan surat kabar dan majalah untuk membantumu menyelesaikan kegiatan ini. Bagilah kelompokmu menjadi dua.

Satu kelompok bertugas mencari dan mengumpulkan ulasan atau berita peristiwa sejarah pada masa setelah kemerdekaan. Terutama tentang usaha untuk mempersatukan bangsa Indonesia, baik terhadap ancaman dari luar maupun dari dalam. Kelompok kedua bertugas mencari dan mengumpulkan ulasan atau berita peristiwa terkini yang menunjukkan usaha untuk mempersatukan bangsa terhadap ancaman dari luar dan dari dalam.

Pada setiap kelompok, kumpulkan paling sedikit tiga peristiwa dan informasi tentang peristiwa tersebut. Lakukanlah diskusi di dalam kelompokmu untuk menjelaskan penemuanmu. Pada akhir kegiatan, buatlah kesimpulan untuk mencatat peristiwa dan usaha-usaha apa saja yang telah dilakukan oleh masyarakat maupun pemerintah untuk mempersatukan bangsa Indonesia. Kemaslah klipingmu dengan rapi dan menarik.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 36

Ayo Berlatih

1. Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kepulauan sekaligus negara maritim?
2. Informasi apa sajakah yang dapat diperoleh dari sebuah peta geografis?
3. Apa sajakah manfaat persatuan dan kesatuan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia?
4. Berikan contoh ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa yang datang dari dalam masyarakat Indonesia sendiri.
5. Usaha apa sajakah yang menurutmu perlu dilakukan untuk mengatasi ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa yang datang dari dalam masyarakat Indonesia sendiri?

Jawaban, buka disini: Mengapa Indonesia Disebut Negara Kepulauan Sekaligus Maritim

Ayo Renungkan

Bayangkan dirimu berada di dalam Kongres Sumpah Pemuda 1928. Menurutmu, semangat dan sikap apa sajakah yang mungkin terlihat dan kamu rasakan dari para pemuda Indonesia?

Jawaban : Sikap patriotisme karena bangga bisa berada di kongres Sumpah Pemuda.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban soal tema 5 kelas 5 halaman 30 31 32 34 35 36 subtema 1 Komponen Ekosistem pada pembelajaran 4 di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar!

  • Whatsapp

Related posts