Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 171 174 175 177 Pembelajaran 6 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Buku Tematik

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 171 174 175 177 Pembelajaran 6 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Buku Tematik – Pada kesempatan ini kami akan membahas seputar Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 171 174 175 177 Pembelajaran 6 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Buku Tematik. Dengan adanya pembelajaran ini, besar harapan Ramal.id bahwa kalian bisa mengaplikasikan tulisan ini sebagai sebuah pertanda untuk belajar. Nah segera saja untuk sahabat teman kelas 4 SD langsung kita belajar bersama dibawah ini :

Kunci jawaban tema 8 Kelas 4 halaman 171 174 175 177 pembelajaran 6 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku. Silahkan kalian pelajari materi pembelajaran 6 subtema 3 kelas 4 SD mulai dari halaman 171 sampai 177 secara lengkap. Lalu kerjakan soal yang diberikan oleh guru di buku tematik siswa kurikulum kurikulum 2013 revisi 2017.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 171

Ayo Mengamati

Pada pembelajaran 2 kamu sudah pernah mengamati berbagai gambar karya tiga dimensi berupa gerabah. Saat ini, perhatikan gambar berbagai karya tiga dimensi berupa benda lainnya.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 171 174 175 177 Pembelajaran 6 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku Buku Tematik

Gambar di atas menunjukkan berbagai karya tiga dimensi. Apa saja benda pada gambar di atas? Tuliskan pada kolom berikut.

Jawaban :

No. Gambar Keterangan Gambar
1. Gambar 1 Bentuk rumah dari kertas.
2. Gambar 2 Bentuk pepohonan dari kertas.
3. Gambar 3 Bentuk binatang dari kertas.
4. Gambar 4 Maket lingkungan perkotaan dari kertas.
5. Gambar 5 Maket lingkungan peternakan dari kertas.

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 174 Sampai 175

Ayo Mencoba

1. Menyiapkan alat dan bahan.
2. Membentuk atau membuat bagian-bagian pohon jagung.
3. Hasil jadi bentuk bagian-bagian pohon jagung.
4. Menyatukan bagian-bagian pohon jagung.
5. Karya tiga dimensi berupa pohon jagung sudah jadi.

Bentuklah kelompok yang terdiri atas tiga anak. Cobalah membuat karya tiga dimensi berupa bentuk pohon jagung seperti langkah-langkah di atas. Setelah itu, buatlah karya tiga dimensi berupa benda-benda di lingkungan tempat tinggal. Setiap anak dalam satu anggota kelompok harus membuat karya berbeda. Karya tiga dimensi yang telah dibuat nantinya akan digunakan sebagai bahan pembuatan maket lingkungan tempat tinggal. Oleh karena itu, pertimbangkanlah benda yang akan dibuat. Tuliskan karya yang akan dibuat beserta bahan dan alat yang akan digunakan dalam kolom berikut.

Jawaban, buka disini: Karya Tiga Dimensi Berupa Bentuk Pohon Jagung Seperti Langkah-langkah di Atas

Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 4 Halaman 177

Ayo Membaca
Taman Rumah Pohon

Devina memiliki sebuah rumah pohon. Rumah pohon itu terletak di batang pohon jambu yang berada di taman rumahnya. Rumah pohon itu lumayan luas. Di dalam rumah pohon itu ada lemari kecil tempat bukubuku cerita, 5 buah bantal besar, 2 buah tikar, sebuah selimut, 3 buah foto keluarga, dan kotak perlengkapan. Jika sedang murung, Devina lebih memilih berdiam diri di rumah pohonnya itu sampai sore. Kadang, dia juga menginap di rumah pohonnya bersama teman-temannya sambil mengadakan pesta.

Suatu siang, Devina mengajak Ira, Ovi, Tata, dan murid baru di kelasnya, Jenny, untuk mengadakan pesta di rumah pohonnya. Tentu saja mereka menerima ajakan itu dengan senang hati. Kebetulan, besok sekolah libur karena para guru akan rapat. Sore hari, teman-teman Devina datang. Mereka pun mengadakan pesta jambu sampai malam berganti pagi. Teman-teman Devina segera pulang ke rumahnya masing-masing. Sebelum pulang, mereka berbincang-bincang dulu. ”Rasanya, aku ingin memiliki rumah pohon yang banyak,” ucap Jenny.

“Ya, aku juga. Bagaimana kalau kita membuat taman yang berisi banyak pohon. Di setiap pohon disediakan rumah pohon untuk para pengunjung. Ya, semacam tempat wisata,” usul Ira. ”Kita tidak bisa melakukannya. Kita butuh orang dewasa misalnya, orang tua kita. Nanti aku akan bicara kepada Mama dan Papa,” balas Devina.

Seperti janjinya, Devina mengutarakan usul Ira tadi kepada kedua orang tuanya. Orang tuanya pun setuju dan segera membeli sebuah tanah yang tidak terlalu besar, tapi cukup untuk beberapa pohon.Tak hanya itu, orang tua Devina juga membeli alat-alat untuk membuat rumah pohon serta bibit pohon. Orang tua Devina hanya membantu mengeluarkan uang. Sedangkan urusan menata dan membangun rumah pohon, dikelola Devina dan teman-temannya.

1 tahun kemudian ….

Taman Rumah Pohon resmi dibuka untuk umum. Tanahnya diperbesar dan barang-barang lain juga ditambahkan. Barang-barang ditambahkan bukan hanya oleh orang tua Devina, tetapi juga orang tua masing-masing teman Devina. Di hari pertama, Taman Rumah Pohon tidak memungut biaya apapun karena itu adalah hari Taman Rumah Pohon diresmikan. Banyak orang berdatangan ke Taman Rumah Pohon karya Devina dan teman-temannya.

“Harapanku, Taman Rumah Pohon akan semakin terkenal dan semakin banyak pengunjungnya,” ucap Devina.

Bagaimana sifat tokoh Devina dalam cerita tersebut? Tuliskan jawabanmu pada kotak berikut.

Jawaban : Devina adalah anak yang kreatif, mau berusaha, mau bekerja sama, mudah bergaul, dan ulet.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 8 kelas 4 halaman 171 174 175 177 pembelajaran 6 Subtema 3 Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku di buku tematik siswa revisi 2017. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar!

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :