Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 120 121 124 125 126 127 128 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia Pembelajaran 3 Buku Tematik

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 120 121 124 125 126 127 128 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia Pembelajaran 3 Buku Tematik – Pada kesempatan ini kami akan membahas seputar Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 120 121 124 125 126 127 128 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia Pembelajaran 3 Buku Tematik. Dengan adanya pelajaran ini, besar keinginan Ramal.id bahwa kalian dapat memakai artikel ini sebagai sebuah pedoman untuk belajar. Nah langsung saja untuk sahabat teman kelas 4 SD segera kita belajar bersama dibawah ini :

Kunci jawaban tema 9 kelas 4 halaman 120 121 124 125 126 127 128 subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia tepatnya pada materi pembelajaran 3 di buku tematik siswa. Silahkan kalian pelajari materi subtema 3 kelas 4 SD, lalu kerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 120 sampai 128 secara lengkap.

Ayo Membaca
Kita semua tahu bahwa energi sangat dibutuhkan oleh manusia. Energi digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Energi yang paling banyak digunakan oleh manusia adalah minyak bumi dan batu bara. Bayangkan, berapa juta liter minyak bumi yang dihabiskan dalam sehari untuk menjalankan jutaan kendaraan bermotor dan ribuan pabrik di dunia ini? Padahal persediaan minyak bumi dan batu bara terbatas. Energi minyak bumi dan batu bara berasal dari fosil makhluk hidup yang berproses selama jutaan tahun yang lalu. Apabila habis minyak bumi tidak bisa diperbarui atau tidak diadakan kembali. Demikian juga dengan batu bara yang berasal dari tumbuhan.

Ada kekhawatiran bahwa suatu saat nanti kita akan kehabisan energi minyak bumi dan batu bara. Bagaimana jika energi minyak bumi dan batu bara habis? Apakah aktivitas manusia akan terhenti? Sebelum hal itu terjadi, sudah saatnya kita memikirkan energi alternatif demi kelangsungan hidup manusia.

Adakah energi yang tidak akan habis dan tersedia secara melimpah di sekitar kita? Ya, tentu saja ada. Energi tersebut disebut energi alternatif.

Coba perhatikan gambar-gambar energi alternatif berikut ini.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 120 121 124 125 126 127 128 Pembelajaran 3 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 120 Sampai 121

Ayo Berdiskusi

Diskusikan bersama dengan teman semejamu hal-hal berikut ini. Apa yang dapat dilakukan ketika sumber energi yang kita gunakan selama ini habis?

Jawaban : Hal yang dapat kita lakukan ketika sumber energi yang kita gunakan selama ini habis adalah dengan mencari sumber energi alternatif untuk menggantikan energi yang telah habis tersebut. Energi yang habis ini umumnya energi yang tidak terbaharukan. Sementara energi alternatif adalah jenis energi pengganti yang terbaharukan.

Tulislah yang kamu ketahui tentang energi alternatif!
Jawaban : Energi alternatif adalah semua sumber energi yang dapat digunakan untuk menggantikan bahan bakar fosil dengan tanpa dampak negatif dari bahan bakar fosil.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 124

Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan bacaan di atas.

Apakah yang dimaksud biogas kotoran sapi?
Mengapa kompor biogas kotoran sapi ramah lingkungan?
Lebih hemat manakah antara menggunakan gas elpiji dibandingkan dengan biogas kotoran sapi?

Jawaban, buka disini: Apakah yang Dimaksud Biogas Kotoran Sapi

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 125

Ayo Mencoba
Buatlah bacaan mengenai penggunaan energi alternatif dengan memilih tema berikut ini.

1. Energi alternatif sinar matahari.
2. Energi alternatif air.
3. Energi alternatif angin.

Untuk memudahkan penulisan, kamu dapat mencari informasi melalui buku, artikel, atau koran dan majalah. Tuliskan hasilnya pada kolom berikut dan bacakan di depan teman-teman dan gurumu.

Jawaban, buka disini: Bacaan Mengenai Penggunaan Energi Alternatif Tema Energi Alternatif Sinar Matahari Air dan Angin

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 126

Ayo Berlatih

Carilah informasi dan data dari berbagai sumber referensi (buku, majalah, koran, artikel) mengenai pencemaran yang mengakibatkan perubahan alam. Analisislah penyebab (perilaku dan benda) serta akibatnya. Tulislah hasilnya pada kolom berikut! Pemakaian benda atau zat yang dapat mengakibatkan perubahan pada alam.

Jawaban :

No. Nama Benda/Zat Perubahan Pada Alam Sifat
Sebab Akibat
1. Pupuk kimia Penggunaan yang berlebihan dalam jangka panjang Mengurangi kesuburan tanah, menurunkan produktivitas pertanian Merusak
2. Deterjen Pemakaian deterjen yang berlebihan Pencemaran pada tanah dan air Merusak
3. DDT (Dichloro Diphenyl Trichloroethane) Penggunaan pestisida berlebihan pada tanaman Larut dalam lemak dan dapat berpindah ke tubuh manusia Merusak
4. CFC (Chloro fluorocarbon) Penggunaan gas pendingin yang ada pada AC Jika kadar CFC terlalu tinggi, lapisan ozon dapat semakin tipis Merusak
5. Bahan peledak Penggunaan peledak pada penangkapan ikan Ikan-ikan kecil ikut mati terkena ledakan Merusak

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 127

Ayo Mengamati

1. Identifikasilah kegiatan-kegiatan masyarakat di sekitar tempat tinggalmu yang dapat memengaruhi keseimbangan lingkungan.

Jawaban : Kegiatan manusia yang memengaruhi keseimbangan lingkungan sekitar
– Penebangan dan pembakaran hutan.
– Penggunaan bahan-bahan kimia dan pestisida secara berlebihan.
– Eksploitasi sumber daya laut.
– Penggunaan kendaraan bermotor.

2. Coba amati gambar di bawah ini dengan saksama.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 127

Jawaban, buka disini: Jelaskan Keterkaitan Antara Perilaku Orang Pada Gambar dengan Keseimbangan Alam

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 128

Ayo Berlatih

Salah satu kewajiban manusia adalah menjaga lingkungan alam. Apa yang terjadi jika manusia tidak melaksanakan kewajiban tersebut? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, Bapak/Ibu Guru, atau orang-orang lain di sekitarmu. Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.

LAPORAN HASIL WAWANCARA
Nama : Beni
Pertanyaan yang diajukan: Apa akibatnya jika manusia tidak melaksanakan kewajiban terhadap lingkungan alam?

Hasil Wawancara:

No. Nama Narasumber Jawaban
1. Orang Tua Lingkungan alam maka alam akan menjadi rusak
2. Ketar RT Terjadi pemanasan global.
3. Keponakan Akan timbul bencana alam
4. Tetangga Alam menjadi tidak seimbang
5. Teman Sekelas Terjadi pencemaran lingkungan
6. Anak tetangga Sebagian sumber daya alam akan musnah
7. Kakak Keseimbangan ekosistem akan terganggu
8. Adik Kebutuhan manusia tidak terpenuhi
9. Paman Akan timbul berbagai macam penyakit
10. Bibi Kehidupan manusia akan terganggu

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 9 kelas 4 halaman 120 121 124 125 126 127 128 subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia pada pembelajaran 3 di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Lihat juga pembahasan soal lain dikolom pencarian.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :