Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 22 23 25 26 27 Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Pembelajaran 4 Buku Tematik

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 22 23 25 26 27 Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Pembelajaran 4 Buku Tematik – Pada kesempatan ini kami akan membahas seputar Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 22 23 25 26 27 Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Pembelajaran 4 Buku Tematik. Dengan adanya pembelajaran ini, besar harapan Ramal.id bahwa kalian bisa mengaplikasikan artikel ini sebagai sebuah pertanda untuk belajar. Nah langsung saja untuk sahabat sahabat kelas 4 SD seketika kita belajar bersama dibawah ini :

Kunci jawaban tema 9 Kelas 4 halaman 22 23 25 26 27 pembelajaran 4 Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia, buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2016. Silahkan kalian pelajari materi tema 9 Kayanya Negeriku subtema 1 kelas 4 SD, lalu kerjakan soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 22 sampai dengan 27 secara lengkap.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 22 23 25 26 27 Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Pembelajaran 4

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 22

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut

1. Mengapa kita harus berhemat energi?
2. Coba jelaskan dengan hemat energi maka akan menghemat biaya!
3. Bagaimanakah cara menghemat listrik?

Jawaban :

1. Kita harus hemat energi karena agar cadangan energi tidak cepat habis. Selain itu hemat listrik juga supaya energi bisa digunakan lebih lama.
2. Hemat energi dapat menghemat biaya karena untuk menggunakan energi (listrik) memerlukan biaya. Semakin boros menggunakan listrik semakin besar beban biaya yang dibayar.
3. Cara menghemat listrik antara lain :
– Matikan listrik yang tidak terpakai, seperti mematikan TV jika tidak di tonton atau mematikan lampu yang masih menyala pada siang hari. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi pemborosan.
– Gunakan lampu yang hemat energi seperti lampu LED.
– Membuka jendela pada siang hari, hal ini bertujuan agar ada udara dan sinar matahari yang masuk ke rumah, agar dapat mengurangi pemakaian lampu dan AC pada siang hari.
– Menggunakan perangkat listrik yang memiliki tegangan atau watt yang lebih rendah.
– Mengurangi penggunaa listrik. Contohnya mencuci pakaian secara manual tanpa menggunakan mesin cuci, menggunakan ulekan pengganti blender untuk menghaluskan bumbu.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 23

Berdasarkan bacaan di depan, temukan ide pokok dan kalimat pendukung tiap-tiap paragraf.
Bacakan hasilnya di depan guru dan teman-temanmu.

Jawaban, buka disini: Ide Pokok dan Kalimat Pendukung Tiap-tiap Paragraf Bacaan Hemat Energi Hemat Biaya

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 25

Ayo Berdiskusi

Bersama temanmu, coba identifikasi perbuatan orang-orang di sekitarmu berkaitan dengan penggunaan energi dalam kegiatan sehari-hari.

Jawaban :

Perilaku Orang-Orang di Sekitarku
Contoh Boros Energi Contoh Hemat Energi
Menghidupkan lampu pada siang hari. Mematikan lampu pada siang hari.
Tidak mematikan kran yang tidak dipakai. Mematikan kran air saat tidak dipakai.
Menonton televisi sepanjang hari. Membatasi jam menonton televisi.
Menghidupkan pendingin ruangan sepanjang hari. Menghidupkan pendingin ruangan saat cuaca panas.
Tidur dengan kondisi lampu tetap menyala. Tidur dengan mematikan lampu.

Kewajiban kita sebagai manusia tidak hanya pada sumber daya alam. Namun, juga terhadap lingkungan alam secara keseluruhan. Hal tersebut dikarenakan manusia dan lingkungan memiliki keterkaitan yang sangat erat.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 26

Ayo Membaca
Manusia dan Lingkungan

Lingkungan amat penting bagi kehidupan manusia karena manusia tergantung kepada lingkungan. Manusia membutuhkan lingkungan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, lingkungan memiliki daya dukung bagi kehidupan. Artinya, lingkungan mempunyai kemampuan untuk mendukung kehidupan manusia dan makluk hidup lainnya.

Oleh karena itu, manusia harus senantiasa berbuat baik kepada lingkungan. Manusia harus dapat berpikir dan berperilaku secara tepat, bijak, dan bertanggung jawab.

Hidup yang selaras dengan alam dapat dimulai dari diri sendiri. Kita harus membiasakan pola hidup bersih dan sehat seperti selalu membuang sampah pada tempatnya, rajin berolahraga, dan selalu memeriksa keadaan mesin kendaraan agar tidak menghasilkan banyak asap kotor. Selain itu, kita harus meningkatkan kreativitas dengan mendaur ulang barang-barang sudah tidak terpakai agar tidak mencemari lingkungan.

Sudahkah kalian berbuat demikian? Jika sudah, kembangkan dan tingkatkanlah terus. Namun jika belum, mulailah melakukan dari sekarang. Jika kita cinta dan bersahabat dengan alam, alam akan cinta dan bersahabat dengan kita. Namun sebaliknya, jika kita merusak alam, alam akan marah dengan menumpahkan segala bencana pada kita. Hidup yang selaras dengan alam dapat membawa dampak positif bagi umat manusia.

Ayo Berlatih

Kamu telah membaca bacaan “Manusia dan Lingkungan”. Temukan informasiinformasi penting pada bacaan tersebut. Lengkapilah peta pikiran berikut.

Jawaban, buka disini: Peta Pikiran Bacaan Manusia dan Lingkungan

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 27

Ayo Berlatih

Salah satu kewajiban manusia adalah menjaga lingkungan alam. Apa yang terjadi jika manusia tidak melaksanakan kewajiban tersebut? Carilah jawaban pertanyaan tersebut dengan bertanya kepada narasumber di sekitarmu. Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, bapak/ibu guru, atau orang-orang lain di sekitarmu.

Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut.

Jawaban :

No. Nama Narasumber Pertanyaan Jawaban
1. Orang Tua Apa yang terjadi jika manusia tidak melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan? Akan terjadi kerusakan lingkungan karena ulah manusia.
2. Ketar RT Apa yang terjadi jika manusia tidak melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan? Lingkungan akan menjadi lingkungan yang kurang sehat dan membahayakan kesehatan manusia.
3. Ketar RW Apa yang terjadi jika manusia tidak melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan? Sampah akan berserakan dan mengganggu pemandangan di lingkungan sekitar.
4. Tetangga Apa yang terjadi jika manusia tidak melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan? Akan terjadi banjir yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.
5. Teman Sekelas Apa yang terjadi jika manusia tidak melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan? Terjadi bencana alam tanah longsor yang akan sangat merugikan manusia itu sendiri.
6. Anak tetangga Apa yang terjadi jika manusia tidak melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan? Terjadi kepunahan hewan dan tumbuhan karena tidak mendapatkan lingkungan yang baik.
7. Bapak Guru Apa yang terjadi jika manusia tidak melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan? Muncul berbagai macam penyakit yang dapat mengancam keselamatan jiwa manusia.
8. Ibu Guru Apa yang terjadi jika manusia tidak melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan? Udara akan tercemar dan lingkungan sekitar menjadi kurang sehat dan masalah lainnya.
9. Paman Apa yang terjadi jika manusia tidak melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan? Manusia tidak bisa hidup sejahtera karena kekurangan bahan makanan, pakaian dan tempat tinggal.
10. Bibi Apa yang terjadi jika manusia tidak melaksanakan kewajibannya terhadap lingkungan? Alam akan menghukum manusia dengan bencana yang dapat mengancam jiwa manusia.

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 9 kelas 4 halaman 22 23 25 26 27 Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia pembelajaran 4 di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar! Baca Juga:

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :