Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 4 5 7 8 9 10 Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Pembelajaran 1 Buku Tematik

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 4 5 7 8 9 10 Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Pembelajaran 1 Buku Tematik – Pada kesempatan ini kami akan membahas seputar Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 4 5 7 8 9 10 Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Pembelajaran 1 Buku Tematik. Dengan adanya pelajaran ini, besar harapan Ramal.id bahwa kalian dapat memakai artikel ini sebagai sebuah petunjuk untuk belajar. Nah segera saja untuk sahabat sahabat kelas 4 SD lantas kita belajar bersama dibawah ini :

Kunci jawaban tema 9 Kelas 4 halaman 4, 5, 7, 8, 9, dan 10, pembelajaran 1 Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia, buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2016. Silahkan kalian pelajari materi tema 9 Kayanya Negeriku subtema 1 kelas 4 SD, lalu kerjakan soal yang diberikan oleh guru mulai dari halaman 4 sampai dengan 10 secara lengkap.

Ayo Mengamati! 
Amatilah gambar di bawah ini, lalu jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 4 5 7 8 9 10 Pembelajaran 1 Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia

1. Apakah air dan listrik termasuk sumber energi?
Jawab: Air dan listrik termasuk sumber energi listrik karena gerakan air dapat menggerakan turbin yang kemudian diubah menjadi energi listrik.

2. Berapa banyakkah sumber energi air di sekitar tempat tinggalmu?
Jawab: Di sekitar tempat tinggalku hanya terdapat satu sumber air saja yaitu sungai yang mengalir.

3. Seberapa sering kamu menggunakan sumber energi air dan listrik dalam kegiatan sehari-harimu?
Jawab:
Setiap hari saya menggunakan sumber energi listrik karena hampir semua peralatan rumah tangga menggunakan energi listrik.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 4

Ayo Membaca

Air dan Listrik

Kunci Jawaban Pembelajaran 1 Pembelajaran 1 Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Kelas 4 SD

Air memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Salah satu pemanfaatan air adalah sebagai pembangkit listrik tenaga air. Manfaat air sangat besar dan berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Oleh sebab itu, dalam pemanfaat air hendaknya diimbangi dengan kehidupan manusia. Oleh sebab itu, dalam pemanfaat air hendaknya diimbangi dengan kesadaran menjaga sumber air yang adadi bumi. Membuang-buang air merupakan perbuatan yang tidak bijak.

Air dan listrik menjadi kebutuhan manusia yang tidak bisa digantikan oleh apa pun. Kegiatan sehari-hari akan terganggu ketika pasokan air dan listrik terganggu.

Di Indonesia, pembangkit listrik tenaga air adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi seluruh kebutuhan pasokan listrik bagi masyarakat. Banyaknya ketersediaan air menjadi salah satu alasan paling mendasar untuk membangun pembangkit listrik tenaga air di Indonesia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika di Indonesia memiliki banyak waduk atau bendungan. Waduk atau bendungan merupakan salah satu rangkaian sistem dari pembangkit listrik tenaga air. Aliran air dari bendungan atau waduk digunakan untuk menggerakkan turbin yang akan membangkitkan energi listrik.

Air merupakan salah satu sumber energi yang cukup berlimpah. Air menyimpan energi yang cukup besar. Aliran air mampu menggerakkan kincir yang dibangun di dekat sungai. Kincir-kincir ini akan dihubungkan dengan generator untuk menghasilkan listrik. Makin deras aliran air, semakin kencang kincir berputar. Energi listrik yang dihasilkan pun semakin besar.

Ayo Membaca

1. Apa fungsi air dalam pembangkit listrik tenaga air itu?
2. Mengapa untuk menghasilkan listrik perlu dibangun sebuah bendungan?
3. Adakah pembangkit listrik tenaga air di daerahmu?

Jawaban, buka disini: Apa Fungsi Air dalam Pembangkit Listrik Tenaga Air Itu

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 5

Ayo Berlatih

Perhatikan lampu yang ada di rumahmu! Apa yang terjadi saat sakelar lampu ditekan? Tuliskan pendapatmu pada kolom di bawah ini!

Pendapatku : Saat sakelar lampu ditekan, energi listrik mengalir ke lampu sehingga arus listrik berubah menjadi cahaya dan panas. 

Saat sakelar lampu ditekan, energi listrik mengalir ke lampu sehingga arus listrik berubah menjadi cahaya dan panas. Dari peristiwa tersebut terjadi perubahan bentuk energi. Energi listrik berubah menjadi energi cahaya dan panas.

Tuliskan peralatan di rumahmu yang menggunakan energi listrik dan kegunaannya.

Jawaban:

No. Nama Peralatan Kegunaan
1. Setrika listrik Merapikan pakaian setelah dicuci
2. Blender Menghaluskan bahan makanan dan minuman
3. Magic Jar Memasak dan menghangatkan nasi
4. Kipas angin Menjaga kondisi ruangan agar tetap sejuk
5. Televisi Sumber informasi dan hiburan
6. Kulkas Mendinginkan dan mengawetkan bahan makanan
7. Mesin cuci Membersihkan pakaian yang kotor
8. Pengering rambut Mengeringkan rambut yang basah
9. Lampu Sebagai sumber penerangan saat malam hari
10. Pompa air Mengisi air dalam bak mandi

Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Lingkungan menjadi penyedia berbagai sumber daya. Sumber daya itu termasuk sumber daya energi yang dibutuhkan untuk menunjang kehidupan manusia.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 7

Ayo Membaca

Lingkungan

Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungan alam dan lingkungan sosial.. Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi kehidupan manusia. Berikut fungsi lingkungan bagi kehidupan.

1. Lingkungan sebagai Tempat Mencari Makan
Nelayan memperoleh nafkah dari laut. Petani memperoleh sumber penghidupannya dari lahan pertanian. Pengusaha memperoleh sumber penghidupan nafkah dari proses produksi yaitu mengelola bahan-bahan dari lingkungannya.

2. Lingkungan sebagai Tempat Bekerja
Setiap manusia melakukan berbagai aktivitas untuk mencari nafkah. Berbagai aktivitas tersebut menimbulkan terjalinnya interaksi sosial. Hal ini juga menunjukkan ketergantungan antarmanusia dengan sesamanya. Melalui interaksi sosial manusia mampu mencapai kesejahteraan hidupnya.

3. Lingkungan sebagai Tempat Tinggal
Kalian tentu bisa membayangkan jika suasana lingkungan rumah kotor dan penuh dengan sampah yang bau. Tambahan lagi bising, penuh asap pabrik maupun kendaraan, air yang keruh, dan listrik yang padam. Tentu sangat tidak nyaman tinggal di kawasan seperti itu bukan?

Tumbuhan dan hewan tidak mampu bertahan hidup jika keadaan lingkungannya berubah. Ikan tidak dapat bertahan hidup di darat dan kambing tak dapat hidup di air. Setiap makhluk hidup memerlukan lingkungan tertentu sebagai tempat tinggal.

Ayo Berlatih

Informasi apa yang dapat kamu peroleh dari bacaan tersebut?
Lengkapi peta pikiran berikut.

Jawaban, buka disini: Peta Pikiran Informasi Apa yang Dapat Kamu Peroleh Dari Bacaan Lingkungan Tersebut

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 8

1. Agar lebih memahami bacaan di depan, coba temukan kata-kata yang sulit kamu pahami artinya. Selanjutnya cari tahu artinya dengan berdiskusi, bertanya, atau melalui kamus.

Jawab:

Kata Sulit Arti
Produksi Proses mengeluarkan hasil; penghasilan.
Interaksi Hal saling melakukan aksi, berhubungan
Proses Runtunan perubahan (peristiwa)
Aktivitas Kegiatan yang dilakukan
Nafkah Belanja untuk hidup, uang pendapatan

2. Berdasarkan bacaan di depan, buatlah kesimpulan pada kolom berikut!

Kesimpulanku: Lingkungan berfungsi sebagai tempat mencari makan, tempat tinggal, dan tempat bekerja.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 9 – 10

Kamu telah membaca bacaan yang berjudul “Lingkungan”. Sekarang, carilah informasi mengenai manfaat lingkungan dari orang-orang yang ada di sekitarmu. Carilah informasi dengan cara bertanya atau melakukan wawancara.

Tuliskan hasilnya pada tabel berikut.

informasi mengenai manfaat lingkungan

Jawaban : 

No. Manfaat Lingkungan
1. Lingkungan sebagai Tempat Mencari Makan
2. Tempat untuk bersosialisasi dengan yang lain.
3. Lingkungan sebagai Tempat Bekerja
4. Lingkungan sebagai Tempat Tinggal
5. Tempat untuk mendapatkan kesenangan atau hiburan.
6. Tempat untuk bertahan hidup (survival)
7. Sebagai tempat atau sarana untuk kebudayaan atau kesenian.
8. Menyediakan berbagai unsur-unsur penting bagi kehidupan
9. Menyediakan berbagai keperluan bagi makhluk hidup
10. Sebagai tempat edukasi atau pendidikan

Kerja Sama dengan Orang Tua : Coba kamu perhatikan penggunaan sumber daya air dalam kegiatan sehari-hari di rumahmu! Catatlah kegiatan-kegiatan yang menggunakan air dan seberapa banyak air yang digunakan. Catat pula usaha-usaha yang sudah dilakukan orang tua dan anggota keluargamu dalam menghemat air!

Demikian pembahasan secara lengkap kunci jawaban tema 9 kelas 4 halaman 4 5 7 8 9 10 pembelajaran 1 Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia, buku tematik siswa revisi 2016. Semoga bermanfaat dan berguna. Terimakasih, selamat belajar!

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :