Laporan Kegiatan Percobaan Sumber Bunyi Tema 1 Kelas 4 Halaman 81

Laporan Kegiatan Percobaan Sumber Bunyi Tema 1 Kelas 4 Halaman 81 – Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang Laporan Kegiatan Percobaan Sumber Bunyi Tema 1 Kelas 4 Halaman 81. Dengan adanya pelajaran ini, besar keinginan Ramal.id bahwa kalian bisa memakai artikel ini sebagai sebuah petunjuk untuk belajar. Nah segera saja untuk sahabat teman kelas 4 SD lantas kita belajar bersama dibawah ini :

Contoh laporan kegiatan percobaan sumber bunyi, meliputi nama, tujuan, alat dan bahan, langkah kerja, hasil percobaan dan kesimpulan. Pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 4 halaman 81, tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman, buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal mengenai Tulislah Gagasan Pokok dan Pendukung Teks Bekerja Sama dalam Keberagaman. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Laporan Kegiatan Percobaan Sumber Bunyi Tema 1 Kelas 4 Halaman 81

Setelah melakukan percobaan tentang perambatan bunyi, Edo dan sahabatnya juga belajar bersama tentang sumber bunyi. Mereka membaca buku yang menyatakan bahwa telinga bisa mengetahui sumber bunyi.

Ayo Mencoba

Ayo, kita membuktikannya dengan melakukan percobaan.

Di Manakah Bunyi?

Tujuan: Mengidentifikasi sumber dan tempat bunyi berasal.
Alat dan Bahan: Alat musik tradisional setempat (misalnya angklung)

Langkah Kerja:
1. Duduklah di kursi dan tutup matamu dengan kain. Mintalah temanmu untuk memainkan alat musik tradisional (misalnya angklung) di sekitarmu.
2. Tunjuklah tempat yang kamu anggap sebagai asal bunyi. Berapa kalikah kamu menebak dengan tepat?

Buatlah laporan dari salah satu percobaan yang kamu lakukan!

Contoh Laporan Hasil Percobaan

Nama Percobaan : Percobaan Sumber Bunyi
Tujuan Percobaan : Mengidentifikasi sumber dan tempat bunyi berasal
Alat-alat : Alat musik tradisional setempat (misalnya angklung)

Langkah Kerja :

  1. Duduklah di kursi dan tutup matamu dengan kain. Mintalah temanmu untuk memainkan alat musik tradisional (misalnya angklung) di sekitarmu.
  2. Tunjuklah tempat yang kamu anggap sebagai asal bunyi. Berapa kalikah kamu menebak dengan tepat?

Hasil Percobaan ; Dari percobaan di atas dapat dinyatakan bahwa dengan mata tertutup, kita masih dapat mendengar bunyi dengan jelas pada jarak tertentu karena bunyi merambat melalui udara. Bunyi kemudian merambat melalui udara dan ditangkap oleh telinga kita.

Kesimpulan : Bunyi merambat memlui udara dari sumber bunyi ke telinga kita. Getaran bunyi mengenai gendang telinga dan diubah menjadi pesan/ sinyal listrik di telinga bagian dalam. Sinyal tersebut kemudian diteruskan oleh saraf pendengaran menuju otak yang kemudian menterjemahkan jenis dari bunyi tersebut.

Baca Juga Pembahasan Soal Halaman Selanjutnya :

Indra Pendengar (Telinga)

Kita wajib bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah menciptakan bentuk tubuh yang paling sempurna. Salah satunya adalah kita diberi indra pendengar (telinga). Dengan menggunakan indra ini, kita bisa mendengar berbagai suara, seperti kicauan burung, suara air mengalir, dan musik. Apa saja bagian dan fungsi indera pendengar?

Hal apa yang perlu kita lakukan untuk merawatnya? Mari kita pelajari lebih jauh.

Bagaimana telinga merasakan getaran? Semua bunyi membuat udara bergetar. Getaran bunyi mengenai gendang telinga yang berupa selembar kulit tipis. Saat itulah gendang telingamu juga mulai bergetar. Getaran dari gendang telingamu menjadi lebih besar di telinga tengahmu dan diubah menjadi pesan-pesan listrik di telinga dalammu.

Apakah kamu pernah mengalami gangguan indra pendengar? Ceritakan!

Jawaban soal diatas, buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 4 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 81 tentang Laporan Kegiatan Percobaan Sumber Bunyi. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih! Jawaban lengkap, buka disini: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 77 78 79 81 82 84 85 Pembelajaran 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :