Laporan Kegiatan Percobaan Uji Energi Panas Matahari! Tema 2 Kelas 4 Halaman 4

Laporan Kegiatan Percobaan Uji Energi Panas Matahari! Tema 2 Kelas 4 Halaman 4 – Pada kesempatan ini kami akan membahas perihal Laporan Kegiatan Percobaan Uji Energi Panas Matahari! Tema 2 Kelas 4 Halaman 4. Dengan adanya pembelajaran ini, besar harapan Ramal.id bahwa kalian bisa menggunakan tulisan ini sebagai sebuah petunjuk untuk belajar. Nah seketika saja untuk sahabat teman kelas 4 SD langsung kita belajar bersama dibawah ini :

Laporan kegiatan percobaan uji energi panas matahari, nama percobaan, tujuan percobaan, alat-alat, langkah-langkah dan kesimpulan. Pembahasan kunci jawaban tema 2 kelas 4 halaman 4, tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 2 Sumber Energi, buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal mengenai tuliskan paling sedikit empat kesimpulan mengenai pengaruh panas matahari pada percobaanmu. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut.

Laporan Kegiatan Percobaan Uji Energi Panas Matahari! Tema 2 Kelas 4 Halaman 4

Ayo Membaca!

Beni ingin membuktikan panas bahwa matahari sebagai sumber energi yang penting untuk kelangsungan makhluk hidup. Ayo kita bantu Beni untuk membuktikannya! Lakukan percobaan ini di luar kelas!

1. Basahi 2 helai sapu tangan, 2 lembar tisu, 2 lembar kertas.
2. Jemurlah sehelai sapu tangan, selembar tisu, dan selembar kertas di tempat panas sedangkan sisanya letakkan di tempat teduh.
3. Amati dan tuliskan perubahan yang terjadi pada benda-benda tersebut setelah 15 menit, 30 menit, dan 60 menit!

Sambil menunggu saat pengamatan, kamu dapat membaca kisah Ali Si Biji Energi di halaman 5 dan mengerjakan tugas selanjutnya

Nah, sekarang cobalah untuk mengolah data ke dalam bentuk Laporan Kegiatan Percobaan di bawah ini!

Contoh laporan kegiatan percobaan:

Nama percobaan: Uji Panas Matahari
Tujuan percobaan: Membuktikan bahwa panas matahari merupakan satu bentuk energi.
Alat-alat yang dibutuhkan: Kertas, tissue, kain

Langkah kerja:

  1. Basahi 2 helai sapu tangan, 2 lembar tisu, 2 lembar kertas.
  2. Jemurlah sehelai sapu tangan, selembar tisu, dan selembar kertas di tempat panas dan sisanya letakkan di tempat teduh.
  3. Amati dan tuliskan perubahan yang terjadi pada benda-benda tersebut setelah 15 menit, 30 menit, dan 60 menit!

Kesimpulan: “Dari hasil percobaan terbukti bahwa panas matahari mampu mengeringkan benda basah, sehingga panas merupakan salah satu bentuk energi”

Baca Juga Pembahasan Soal Halaman Selanjutnya:

Ayo Membaca!

Kisah Ali Si Biji Energi

Aku Ali Si Biji Energi. Aku menanam biji-biji energi di sebuah ladang yang luas di peternakanku. Saat matahari bersinar ada energi pada cahaya matahari. Cahaya matahari membantu biji-bijiku tumbuh menjadi tanaman-tanaman yang tinggi.

Tanaman-tanamanku menyimpan energi itu di dalam akar, batang, daun, dan butiran biji yang baru. Dengan segera, aku akan tumbuh tinggi dengan daun-daun yang lebar dan biji-biji yang baru.

Kamu bisa memasak dan memakan aku supaya kamu memiliki energi. Energi itu akan membantumu tumbuh, bergerak, dan berpikir. Aku juga memberi makan hewan-hewan ternak dengan beberapa bagian dari tubuhku sehingga mereka tumbuh besar dan sehat.

Kunci Jawaban Pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 1 Sumber Energi Kelas 4

Sampaikan hasilnya kepada temanmu. Apakah hasilnya sama?

Jawaban buka disini: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 4 Halaman 2 3 4 5 6 7 8 9 Pembelajaran 1 Subtema 1 Sumber Energi

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 2 kelas 4 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 4 tentang Laporan Kegiatan Percobaan Uji Energi Panas Matahari. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 1 Subtema 1 Sumber Energi. Terimakasih, selamat belajar!

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :