Link Download Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022: Muhammadiyah, Kemenag RI, dan PBNU

Tanggal 1 Ramadhan 1443 Hijriah akan jatuh pada awal April 2022. Sehubungan dengan hari pertama bulan puasa, seperti biasa, beberapa ormas Islam telah mengumumkannya. Cek link berikut untuk mendownload jadwal imsakiyah Ramadhan 2022.

PP Muhammadiyah melalui Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 mengumumkan bahwa 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022. Pengumuman jadwal awal bulan puasa ini bisa dirilis jauh-jauh hari. karena Muhammadiyah menggunakan metode hisab. . Nah, apa link download jadwal imsakiyah Ramadhan 2022?

Sementara itu, Kementerian Agama Republik Indonesia akan menggelar Sidang Isbat untuk menentukan awal Ramadhan, yakni pada Jumat siang, 1 April 2022. Seperti halnya acara serupa tahun-tahun sebelumnya, forum tersebut akan membahas penentuan awal mula Ramadhan. Ramadhan atas dasar 2 metode.

Keduanya adalah metode hisab (perhitungan matematis dan astronomis) dan metode rukyatul hilal (pemantauan hilal muda pertama). Hasil perhitungan astronomis dari metode hisab akan dibahas dan divalidasi dengan pemantauan di rukyatul hilal. Kementerian Agama RI juga akan menerjunkan petugas pemantau rukyatul hilal di 101 lokasi pada Jumat (1/4/2022). Ada lebih dari 100 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Lantas, bagaimana dengan jadwal imsakiyah 2022? Apakah bisa diketahui? Cek link berikut untuk mendownload jadwal imsakiyah Ramadhan 2022.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 dari Muhammadiyah

Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengumumkan bahwa mereka telah merilis dokumen tentang jadwal Imsakiyah Ramadhan 1443 Hijriah. Pengumuman tersebut dilakukan pada 14 Maret 2022.

PP Muhammadiyah juga menginformasikan link download jadwal imsakiyah Ramadhan 2022 untuk 35 ibu kota dari seluruh provinsi. Khusus untuk Papua terdapat 2 kota yaitu Jayapura dan Mimika.

File dokumen PDF Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 yang diterbitkan PP Muhammadiyah ini tersimpan di Google Drive yang dapat diunduh secara bebas oleh masyarakat. Dokumen PDF berisi jadwal imsakiyah dengan desain berkualitas poster, sehingga cocok untuk dicetak.

Link download dokumen PDF Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 yang diterbitkan PP Muhammadiyah adalah sebagai berikut:

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 dari Kemenag

Website resmi Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama kini telah memberikan informasi lengkap mengenai jadwal imsakiyah dan sholat lima waktu (termasuk waktu maghrib atau waktu buka puasa) periode Ramadhan 2022 ( 1443 Hijriah). Tersedia website Kemenag dan cara download adalah sebagai berikut:

Pertama buka link bimasislam.kemenag.go.id/klikimsakiyah.
Kemudian pilih provinsi, kota/kabupaten, dan tahun 1443 H/2022 M. Klik icon search (ada keterangan ‘Data Processing’).
Maka akan keluar jadwal imsakiyah pada tanggal 1-30 Ramadhan 1443.
Untuk mendownload jadwal imsakiyah, klik icon awan hijau (Export Excel).
Kemudian, file excel yang berisi jadwal imsakiyah per kabupaten/kota akan terdownload secara otomatis.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 dari PBNU

Lembaga Falakiyah PBNU (Badan Pengurus Nahdlatul Ulama) juga menyediakan data online jadwal Imsakiyah Ramadhan 2022 untuk berbagai kota/kabupaten. Selain jadwal imsakiyah Ramadhan 2022, data tersebut juga memuat petunjuk waktu shalat fardhu selama bulan Ramadhan 1443 Hijriah.

Bedanya dengan kedua sumber di atas, website PBNU Falakiyah Institute menyediakan berbagai data tempat yang tidak terbatas kota/kabupaten. Situs ini juga menyediakan data berdasarkan kecamatan di sejumlah daerah.

Data jadwal imsakiyah Ramadhan 2022 dapat diunduh dengan pilihan 3 jenis format file yaitu Excel, Word, dan XML. Cara download jadwal imsakiyah Ramadhan 2022 dapat dilakukan dengan mengakses situs falakiyah.pbnu.or.id

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :