Media Gambar Ilustrasi dan Langkah-Langkah Cara Membuatnya – SD Kelas 5

Media Gambar Ilustrasi dan Langkah-Langkah Cara Membuatnya – Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang Media Gambar Ilustrasi dan Langkah-Langkah Cara Membuatnya. Dengan adanya pembelajaran ini, besar kemauan Ramal.id bahwa kalian bisa mengaplikasikan tulisan ini sebagai sebuah pedoman untuk belajar. Nah lantas saja untuk teman teman kelas 5 SD segera kita belajar bersama dibawah ini :

Jelaskan media gambar ilustrasi dan langkah-langkah cara membuatnya, salah satu soal pada materi pembelajaran 2 tema 1 subtema 1 Organ Gerak Hewan kelas V 5 SD. Berikut ini kunci jawaban soal tersebut dan penjelasannya.

Media Gambar Ilustrasi dan Langkah-Langkah Cara Membuatnya
Contoh Gambar Cerita

Gambar ilustrasi merupakan penggambaran dari sebuah teks. Tujuan ilustrasi adalah untuk memperjelas, memperindah, dan menerangkan isi atau informasi dari sebuah bacaan.

Objek gambar ilustrasi dapat berupa gambar manusia, hewan, dan tumbuhtumbuhan serta benda-benda yang ada di sekitar kita. Objek gambar ini harus disesuaikan dengan isi atau bacaan.

Adapun media gambar yang bisa kamu gunakan untuk menggambar adalah.

1. Media Alas Gambar

Media alas merupakan media atau tempat untuk menuangkan gambar. Kamu dapat menggunakan kanvas, kain, kertas, atau bahkan kaca dan komputer. Media ini juga berpengaruh pada pemilihan media pewarna yang digunakan. Selain itu juga berpengaruh pada awet dan tidaknya hasil gambar pada saat disimpan.

2. Media Pewarna

a. Pensil Warna : Jenis pensil ini banyak mengandung lilin. Pilihan warnanya pun banyak sekali.

b. Cat air : Cat air adalah pewarna yang terlebih dahulu dicampur dengan air sebelum dipergunakan. Ada dua macam cat air, yakni transparan dan tidak transparan.

Langkah-langkah membuat gambar ilustrasi adalah sebagai berikut.

1. Gagasan

Gagasan bersumber dari bacaan. Setelah menentukan gagasan, tentukanlah adegan apa yang akan digambar, siapa saja tokohnya, bagaimana suasananya, serta media yang akan digunakan.

2. Sketsa

Sketsa adalah rancangan gambar yang dibuat sesuai dengan gagasan. Membuat sketsa harus berhati-hati, perhatikan bagaimana tata letak dan ukuran objek yang digambar.

3. Pewarnaan

Setelah sketsa selesai dibuat, kamu dapat mewarnainya. Pewarnaan dapat dilakukan dengan dua cara, pertama memberi warna sesuai dengan aslinya, kedua memberi warna berdasarkan imajinasi sendiri. Kamu dapat menggunakan cat air, cat minyak, pensil warna, spidol, dan lain-lain.

Itulah dua media membuat gambar ilustrasi beserta langkah-langkah cara membuatnya. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :