Mengapa Kompor Biogas Kotoran Sapi Ramah Lingkungan Kelas 4 Tema 9

Mengapa Kompor Biogas Kotoran Sapi Ramah Lingkungan Kelas 4 Tema 9 – Pada kesempatan ini kami akan membahas perihal Mengapa Kompor Biogas Kotoran Sapi Ramah Lingkungan Kelas 4 Tema 9. Dengan adanya pembelajaran ini, besar keinginan Ramal.id bahwa kalian bisa menerapkan tulisan ini sebagai sebuah pedoman untuk belajar. Nah langsung saja untuk teman teman kelas 4 SD segera kita belajar bersama dibawah ini :

Mengapa kompor biogas kotoran sapi ramah lingkungan, pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 4 halaman 120 121 124 125 126 127 128 tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2016.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Apakah yang Dimaksud Biogas Kotoran Sapi. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Mengapa Kompor Biogas Kotoran Sapi Ramah Lingkungan Kelas 4 Tema 9

Bacalah bacaan berikut dengan nyaring
Kompor Biogas Kotoran Sapi Makin Diminati

Program pemerintah untuk menghemat energi direspons positif oleh warga masyarakat, salah satunya Latif Wilopo. Latif Wilopo adalah merupakan warga Desa Ngreco, Kecamatan Andat, kabupaten Kediri, Jawa Timur. Dia dan keluarganya memanfaatkan kotoran sapi untuk dibuat kompor biogas.

Kini dia dan keluarganya tidak perlu lagi pusing-pusing membeli tabung gas elpiji. Oleh karena dia telah membuat instalasi kompor biogas hemat energi yang memanfaatkan kotoran sapi.

Sudah hampir setahun Latif dan keluarganya memanfaatkan biogas tersebut sebagai pengganti gas elpiji untuk memasak. Hasilnya juga cukup lumayan karena uang belanja untuk membeli gas elpiji dapat dihemat untuk keperluan lainnya. Termasuk saat terjadi kelangkaan elpiji, istrinya pun tetap bisa memasak.

Menurut Latif, memakai tabung gas elpiji dengan biogas dari kotoran sapi tidak ada bedanya serta tidak berpengaruh pada rasa masakan. Meskipun biogasnya dari kotoran sapi, masakannya pun tetap lezat. Selain itu juga murah. Sebelum memakai biogas kotoran sapi, setiap bulannya Latif harus mengeluarkan biaya Rp 52.000,- untuk membeli gas elpiji, dan belum lagi jika terjadi kenaikan harga elpiji. Namun, sekarang dia sudah tidak perlu lagi membeli gas elpiji.

Ide membuat instalasi kompor biogas muncul karena di belakang rumahnya menjadi tempat kandang kelompok peternak sapi. Ada sekitar 10 ekor sapi yang setiap hari menghasilkan sekitar 200 kg limbah kotoran sapi yang terbuang sia-sia. Limbah kotoran sapi tersebut hanya dipakai sebagai pupuk kandang.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 124

Ayo Berlatih
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan bacaan di atas.

Mengapa kompor biogas kotoran sapi ramah lingkungan?
Jawaban : Kompor biogas kotoran sapi ramah lingkungan karena menggunakan bahan bakar biogas. Biogas merupakan energi yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan asap.

Lebih hemat manakah antara menggunakan gas elpiji dibandingkan dengan biogas kotoran sapi?

Jawaban, buka disini: Lebih Hemat Manakah Menggunakan Gas Elpiji Dibandingkan dengan Biogas Kotoran Sapi

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 4 halaman 124. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian, Terimakasih selamat belajar! Lihat soal lainnya secara lengkap: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 120 121 124 125 126 127 128 Pembelajaran 3 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :