Mengenal Ikan Red Devil yang Muncul di Danau Toba dan Diburu Kolektor

Ikan Red Devil (Iblis Merah) pernah muncul di Danau Toba, Sumatera Utara, dan kini banyak diburu oleh para kolektor ikan hias untuk dipelihara di akuarium.

Dirangkum dari berbagai sumber, ikan ini memiliki nama ilmiah Amphilophus labiatus yang merupakan ikan cichlid berukuran besar yang habitat aslinya berada di Danau Managua dan Danau Nikaragua, Amerika Tengah.

Ikan ini, juga dikenal dengan nama lain seperti cichlid setan merah, berada dalam keluarga yang sama dengan cichlid lainnya dan berkerabat dekat dengan Amphilophus citrinellus.

Ikan Red Devil sendiri, memiliki warna yang beragam, mulai dari abu-abu hingga hijau keabu-abuan, beberapa spesimen diketahui berwarna pink, merah atau putih.

Pigmentasi hitam di bintik-bintik di tubuhnya sangat umum. Beberapa spesimen memiliki bibir yang besar, meskipun kondisi ini diduga terkait dengan pilihan makanan di habitat aslinya.

Red Devil  ini, merupakan ikan predator dengan sifat agresif. Dengan demikian, ia memiliki gigi yang tajam dan rahang yang kuat. Artinya, tidak bisa sembarang ikan disatukan olehnya di akuarium atau akan menjadi mangsanya.

Di Indonesia, spesies ini dikenal sebagai ikan hias akuarium. Namun keberadaannya menjadi masalah besar di Danau Toba, karena mengancam spesies endemik di sana.

Oleh karena itu, Red Devil termasuk spesies invasif karena dilepaskan ke alam liar, terutama di danau Jawa, Sulawesi, dan Papua.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :