Mengenal Sapi Limosin, Sapi Raksasa dan Mahal, Hewan Favorit untuk Berkuban, Bobotnya Bisa 1000 Kg

Boyolali – Presiden Joko Widodo membeli 5 ekor sapi dari Boyolali untuk hewan kurban di Masjid Agung Solo dan beberapa tempat lain di Solo Raya. Salah satunya berbobot 1.010 kg atau 1 ton 10 kg yang semuanya adalah limusin.

Tanduknya berwarna kuning di pangkal dan menggelap ke arah ujung.

Awal mula sapi Limosin

Sejarah sapi Limosin mungkin setua benua Eropa itu sendiri.

Sapi yang ditemukan dalam lukisan gua yang diperkirakan berusia 20.000 tahun di Gua Lascaux dekat Montignac, Prancis ini memiliki kemiripan yang mencolok dengan Limosin saat ini.

Sebagai hasil dari lingkungan mereka, Sapi Limosin berevolusi menjadi breed dengan kekokohan, kesehatan, dan kemampuan beradaptasi yang tidak biasa.

Kurangnya sumber daya alam ini juga memungkinkan wilayah tersebut tetap relatif terisolasi dan para petani bebas mengembangkan ternak mereka dengan sedikit gangguan genetik dari luar.

Selama masa awal tenaga hewan, Limosin memperoleh reputasi yang baik sebagai hewan pekerja selain kualitas daging sapi mereka.

Rene Lafarge melaporkan pada tahun 1698, Sapi Limosin secara universal terkenal dan dihargai baik sebagai hewan beban maupun sapi potong.

Di akhir masa kerja mereka, hewan-hewan ini kemudian digemukkan untuk disembelih.

Sejak hari-hari awal berkembang biak berkembang dari hewan daging pekerja menjadi hewan penghasil daging sapi yang sangat khusus dan disebut sebagai hewan dagangan bagi para tukang daging di Prancis.

Keunggulan Sapi Limosin

Sapi limosin populer karena bobot lahirnya yang rendah (kemudahan melahirkan), persentase dressing yang lebih tinggi dari rata-rata (rasio karkas terhadap bobot hidup) dan hasil (rasio daging terhadap karkas), efisiensi konversi pakan yang tinggi, dan kemampuannya untuk memproduksi tanpa lemak, dan memiliki daging yang empuk.

Sebuah studi multi-breed utama melaporkan bahwa Limosin mengubah pakan menjadi daging yang dapat dijual lebih efisien dan lebih cepat.

Sapi Limosin lebih cepat berkembang di Inggris, yang sedikit lebih cepat daripada breed sapi Eropa kontinental populer lainnya.

Sebaliknya, breed sapi lain menghasilkan produk samping dan limbah berbiaya rendah secara proporsional, yang mengakibatkan pertumbuhan bobot hidup mereka lebih cepat daripada Limosin.

Sapi Limosin sangat disukai untuk kawin silang dengan sapi seperti Angus, Hereford dan Shorthorn karena kemampuannya untuk memberikan kontribusi kekuatan hibrida.

Persilangan ini meningkatkan hasil dan efisiensi konversi pakan dari breed Inggris ini, yang menghasilkan tingkat lemak dan daging marmer yang lebih tinggi.

Harga Sapi Limosin

Harga sapi Limosin dalam rupiah tergolong sangat fantastis tembus di angka Rp 20.000.000

 

 

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :