Menilik Sosok Asli Bjorka, Hacker yang Klaim Retas Dokumen Penting Jokowi Hingga Bongkar Pembunuh Munir

  • Whatsapp


Menilik Sosok Asli Bjorka, Hacker yang Klaim Retas Dokumen Penting Jokowi Hingga Bongkar Pembunuh Munir

Baru-baru ini, seorang hacker bernama Bjorka menjadi sorotan masyarakat Indonesia.

Pasalnya, Bjorka mengaku telah membocorkan dokumen rahasia milik Presiden Jokowi, termasuk surat menyurat dari Badan Intelijen Negara (BIN).

Read More

Bjorka juga membeberkan data penting milik Kominfo, mengancam akan meretas situs Pertamina di tengah kenaikan harga BBM, dan mengungkap identitas pelaku pembunuhan aktivis hak asasi manusia Munir.

Tak hanya itu, ia juga menyikut sejumlah politisi, seperti Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Dirjen Aplikasi Informasi Semuel Abrijani Pangerapan, serta aktivis media sosial Denny Siregar.

Hacker ini sering muncul di situs keamanan siber bernama BreachForums. Di situs tersebut, peretas memperdagangkan data penting yang berhasil diretasnya baik dari perusahaan maupun pemerintah Indonesia.

Banyak orang yang penasaran dengan sosok hacker misterius tersebut. Berdasarkan akun Twitter @bjorkanism yang sekarang ditangguhkan, peretas mengklaim berasal dari Warsawa, Polandia.

Belum diketahui secara pasti lokasi tepatnya lokasi tersebut. Namun, ada pula yang meragukan negara asal dan lokasi keberadaan Bjorka.

“Yang gua heran ngakunya hekker internasyinel. Tapi kok tau Denny Siregar ya? Ini apa gua yang terlalu terkenal sampe ke internasyinel ato dienya yang orang lokal?” ujar Denny Siregar melalui akun Twitter @Dennysiregar7.

“Ngaku-ngaku tinggal di Polandia padahal cuma pake VPN berbayar aja. Real location paling kagak jauh dari Ciputat kalo moving dia ke depok aja sekitaran cimanggis situ deh,” tutur pemilik akun Twitter @kurawa.

Sementara itu nama Bjorka bukanlah nama asli sang hacker. Nama ini merupakan nama samaran yang ternyata terinspirasi dari seorang penyanyi asal Iceland yakni Björk.

Selain itu, foto profil dan sampul profinya di Twitter pun terinspirasi dari Björk. Foto profil Bjorka adalah gabungan dari beberapa foto yang nyentik sehingga nampak menyeramkan.

Salah satu potret yang ada di profil sang hacker yaitu foto Björk untuk album berjudul Utopia yang rilis pada 24 November 2017 silam.

Related posts