Nama Tempat Garis Bujur Garis Lintang Jawa Tengah Tema 9 Kelas 5 – SD Kelas 5

Nama Tempat Garis Bujur Garis Lintang Jawa Tengah Tema 9 Kelas 5 – Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang Nama Tempat Garis Bujur Garis Lintang Jawa Tengah Tema 9 Kelas 5. Dengan adanya pelajaran ini, besar harapan Ramal.id bahwa kalian dapat memakai tulisan ini sebagai sebuah tanda untuk belajar. Nah segera saja untuk teman teman kelas 5 SD seketika kita belajar bersama dibawah ini :

Nama tempat garis bujur garis lintang Jawa Tengah kunci jawaban tema 9 kelas 5 halaman 20 21 23 24 25 tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal Pilihlah Lagu yang Isinya Mengenai Benda-benda di Sekitarmu di buku tematik.

Siti mengamati gambar peta daerah tempat tinggal saudaranya di Jawa Tengah. Dengan peta, Siti mengetahui banyak hal tentang daerah di Jawa Tengah.

Letak kota atau tempat pada peta dinyatakan dengan garis bujur dan garis lintang. Jarak dua garis bujur berdekatan sebesar satu derajat (1°). Jarak dua garis lintang berdekatan sebesar satu derajat (1°). Garis bujur terbagi dua, yaitu bujur barat (BB) dan bujur timur (BT). Garis lintang juga terbagi dua, yaitu lintang utara (LU) dan lintang selatan (LS).

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 21

Ayo Berlatih

1. Provinsi Jawa Tengah beribu kota di Semarang. Letak geografis kota Semarang sekitar 110° BT dan 7°LS. Tunjukkan letak Semarang pada gambar peta di atas. Kemudian, lingkarilah dengan pensil berwarna!

Jawaban :

Nama Tempat Garis Bujur Garis Lintang Jawa Tengah Tema 9 Kelas 5

2. Lihatlah peta di kelasmu atau buku atlasmu. Pilihlah 10 kota kabupaten pada peta di atas. Kemudian, tuliskan letaknya menurut garis lintang dan garis bujur! Tuliskan dalam tabel berikut!

Jawaban :

No. Nama Tempat Garis Bujur Garis Lintang
1. Brebes 7°LS 108° BT
2. Banyumas 7°LS 109° BT
3. Cilacap 7°LS 108° BT
4. Purbalingga 7°LS 109° BT
5. Tegal 7°LS 109° BT
6. Pemalang 7°LS 109° BT
7. Pekalongan 7°LS 109° BT
8. Batang 7°LS 109° BT
9. Banjarnegara 7°LS 109° BT
10. Kebumen 7°LS 109° BT

Ayo Berdiskusi
Ada perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Sebaliknya, ada pula perilaku yang tidak mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Coba diskusikan secara kelompok bersama tiga orang temanmu perilaku tersebut. Kemudian, tuliskan contoh-contoh dari kedua perilaku tersebut dalam tabel berikut.

Jawaban, buka disini: Contoh Perilaku yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan di Lingkungan Masyarakat

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 9 kelas 5 SD Halaman 21 tentang nama tempat garis bujur garis lintang Jawa Tengah secara lengkap. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 3 subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 20 21 23 24 25 Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran Pembelajaran 3

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :