Ospek Untirta Viral, Maba Ngaku Tak Boleh Minum dari Pagi sampai Sore hingga Ada Dugaan Pelecehan

Baru-baru ini, Ospek atau Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menjadi trending topic di Twitter.

Hal itu terjadi karena adanya dugaan perpeloncoan dan dugaan pelecehan yang dilakukan panitia Untirta Ospek kepada mahasiswa baru.

Menurut pengakuan mahasiswa baru yang viral di media sosial, selama kegiatan Untirta Ospek, peserta mengaku dijemur selama 7 jam di lapangan sehingga tidak diperbolehkan minum dari pagi hingga sore hari.

Tak hanya itu, para peserta Ospek Untirta yang ingin beribadah juga dibatasi waktunya oleh panitia. Yang mau sholat diburu panitia.

Hal itu diungkapkan salah satu kakak beradik yang adiknya menghadiri Technical Meeting (TM) Ospek Untirta melalui akun media sosial Twitter miliknya.

“Jujur Untirta parah bgt ospeknya, belum ospek padahal baru TM,” katanya.

“Adek gue bilang shalat bener-bener diburu-buruin. Gaboleh minum dari pagi sampe sore yg bawain minum mentor kelompoknya dan itupun 1 botol diminum ramean,” tutur pemilik akun @aimen*****.

Dia mengungkpkan, setelah adiknya yang mengikuti kegiatan TM Ospek Untirta langsung sakit, dan salah satu temannya juga dilarikan ke IGD karena dehidrasi.

“Adek gue lgsg sakit, temennya sampe ada yg dilarikan ke IGD krn dehidrasi,” ujarnya.

Tak hanya itu, para peserta Ospek Untirta juga tidak diperbolehkan memakai tabir surya atau sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

“Sunscreen disuruh hapus, trs disita juga,” katanya.

Yang lebih parahnya, kata dia, terdapat panitia Ospek Untirta yang melakukan pelecehan verbal terhadap peserta.

“Katingnya ada yg ngelecehin secara verbal sampe bilang semcem ‘ngapain sih deh, takut belang ya? Ngapani pake make up? Mau godain dosen?’ Gilak aja adek gue digituin,” tutur pemilik akun tersebut.

Unggahan itu pun sudah disukai 23 ribu orang dan di retweet oleh sekitar 3 ribu orang. Banyak yang menilai bahwa Ospek dengan cara seperti itu sudah tidak cocok dilakukan di era saat ini.

Salah satu komika sekaligus sutradara film, Ernest Prakasa pun ikut menanggapi insiden yang terjadi di Ospek Untirta.

“Ospek kampus pake senior-senior galak yang super kampungan itu masih musim toh?” katanya.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :