Partai Ummat Dinyatakan Lolos Sebagai Peserta Pemilu Tahun 2024

  • Whatsapp


Partai Ummat Dinyatakan Lolos Sebagai Peserta Pemilu Tahun 2024

Sebelumnya, Partai Umat dinyatakan tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2024 karena tidak lolos verifikasi. Partai Ummat lolos sebagai peserta Pemilu 2024 setelah melalui berbagai drama.

Partai Ummat lolos sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Dengan demikian, ada 24 partai politik peserta Pemilu 2024.

Read More

Partai Ummat dinyatakan lolos verifikasi faktual dan resmi ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2024. Putusan itu dibacakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta, Jumat (30/12/2022).

“Menetapkan Partai Ummat sebagai partai politik peserta pemilihan umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah tahun 2024,” kata Hasyim.

Ia juga menjelaskan, setelah keputusan ini, jumlah parpol peserta pemilu 2024 akan bertambah.

“Menambahkan Partai Ummat sebagai partai politik peserta pemilu anggota DPR dan DPRD tahun 2024 sehingga partai politik peserta pemilihan umum DPR dan DPR menjadi 18 partai politik,” ujarnya.

Dengan diputuskannya Partai Ummat lolos ke Pilkada 2024, maka partai bentukan Amien Rais itu bernomor urut 24.

Sementara itu, Partai Ummat dinyatakan resmi lolos untuk mengikuti Pemilu 2024 setelah dilakukan rekapitulasi verifikasi faktual yang Memenuhi Syarat (MS) di 34 provinsi tanah air. Termasuk dua provinsi yang sebelumnya menjadi kendala, yakni Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi Utara (Sulawesi Utara).

Partai Ummat dinyatakan MS di 19 kabupaten/kota, sedangkan syarat minimal MS di 17 kabupaten/kota. Sedangkan di Sulawesi Utara, Partai Ummat memenuhi syarat verifikasi faktual sesuai standar minimal yang ditentukan.

“Sulawesi Utara, Partai Ummat memenuhi syarat di 11 kabupaten/kota, syarat minimal 11 kabupaten/kota, maka status akhir verifikasi faktual Partai Ummat memenuhi syarat,” kata Komisioner KPU Idham Holik.

Seperti diberitakan sebelumnya, KPU menyatakan Partai Ummat tak lolos verifikasi faktual pada Rabu (14/12/2022). Namun, keputusan itu ditentang, dan Partai Ummat mengajukan gugatan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Pada akhirnya, Bawaslu meminta Partai Ummat dan KPU melakukan mediasi. Keduanya pun bertemu pada Senin (19/12/2022), dan Selasa (20/12/2022). Keduanya sepakat mengulang proses verifikasi Partai Ummat.

Ketua Dewan Syura Partai Ummat Amien Rais mengaku telah memaafkan pihak-pihak yang dituduhnya menghalangi Partai Ummat lolos sebagai peserta pemilu 2024. Hal itu disampaikan Amien setelah Partai Ummat dinyatakan lolos verifikasi faktual dan resmi menjadi peserta pemilu 2024.

“Ada atau tidak (pihak yang berupaya menjegal), no bad feeling at all, kita maafkan,” kata Amien di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta, Jumat (30/12/2022). .

Amien Rais juga mengaku belum berencana membangun koalisi dengan partai politik lain. Partai Ummat juga belum mengambil sikap untuk mendukung figur tertentu sebagai capres (kandidat).

“Itu lagi-lagi to early, terlalu pagi. Kita belum ada rapat-rapat, insya Allah, dalam 2-3 bulan ya,” ujarnya.

Terakhir, ia tidak keberatan dengan sistem pemilu yang akan diterapkan, baik dengan sistem proporsional terbuka maupun tertutup.

Related posts