Pastikan Copot Jabatan Indrasari Wisnu Wardhana di PTPN III, Erick Thohir: Sudah Jadi Tersangka, Tentu Kita Lepas

JAKARTA, – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan akan mencopot Indrasari Wisnu Wardhana dari jabatan komisaris PT Perkebunan Nusantara III (Persero) atau PTPN III. Wisnu adalah Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang ditetapkan Kejaksaan Agung sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi persetujuan ekspor minyak sawit.

“Perwakilan komisaris berdasarkan profesional, dari kementerian lain, itu sebagai hal-hal yang memang sesuai aturan yang ada. Tapi kalau memang pihak individu menjadi tersangka, itu tentu kita lepas” kata Erick di Telkom Landmark Tower, Jakarta, Kamis (21/4). /2022). Namun, dia menegaskan, kehadiran pejabat PTPN III yang terlibat kasus ekspor sawit tidak berarti semua perusahaan itu pelaku penipuan.

PTPN III membukukan keuntungan dari kerugian sebelumnya. Menurutnya, PTPN III telah bertransformasi sehingga kini membukukan keuntungan, setelah sebelumnya merugi. “Kita tidak boleh langsung seakan-akan seluruh PTPN ada oknum. Buktinya PTPN yang tadinya rugi Rp 1, 4 triliun, sekarang untung Rp 4,6 triliun,” jelasnya. Erick menambahkan, pihaknya menghormati langkah Kejaksaan Agung dalam mengatasi imbas mahalnya harga minyak goreng. “Kami sangat hargai apa yang dilakukan oleh Kejaksaan Agung, tapi konteksnya hari ini (salah satu tersangka) perwakilan dari kementerian lain yang itu bisa saja terjadi di tempat lain,” ujarnya.

Merangkap 3 jabatan

Sebagai informasi, Wisnu ditunjuk menjadi Komisaris PTPN III oleh Erick berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor SK-398/MBU/10/2021 dan Nomor SK-399/MBU/10/2021 tanggal 10 Desember 2021 tentang Pengangkatan Komisaris Utama dan Pengangkatan Dewan Komisaris PTPN III. Seiring dengan komisaris BUMN PTPN III, selain menjabat sebagai Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag, Wisnu juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka dan Komoditi (Bappebti).

 

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :