Pelabuhan Merak Ditutup Untuk Sementara Waktu Terimbas Cuaca Buruk

  • Whatsapp


Pelabuhan Merak Ditutup Untuk Sementara Waktu Terimbas Cuaca Buruk

Semenjak Rabu 28 Desember malam hingga Kamis 29 Desember dini hari terjadi cuaca buruk di perairan Selat Sunda.

Akibatnya, satu truk tertahan di rampdor kapal di Dermaga 5 Pelabuhan Merak.

Read More

Lalu, penyeberangan di Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni ditutup sementara oleh aparat.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin menjelaskan, berdasarkan informasi cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Rabu pukul 22.30 tidak kondusif untuk pelayaran.

Terkait hal itu, Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Provinsi Banten selaku otoritas meminta ASDP menunda keberangkatan kapal hingga cuaca dinyatakan aman bagi kapal yang berlayar.

Diketahui, pada bulan Desember umumnya terjadi peningkatan curah hujan yang mengakibatkan gelombang tinggi dan angin kencang di sejumlah jalur penyeberangan.

“ASDP terus melakukan koordinasi intensif khususnya dengan BMKG, kepolisian/TNI, dan otoritas pelabuhan setiap kali sebelum kapal ferry melakukan pelayaran agar perjalanannya aman dan lancar sampai tujuan,” kata Shelvy, Kamis 29 Desember 2022.

Pelayanan penyeberangan Merak-Bakauheni dibuka kembali pada Kamis dengan pelayaran ekspres perdana dari terminal eksekutif Sosoro-Merak pada pukul 04.00 WIB.

Pasca ditutupnya pelayanan penyeberangan semalam, hal ini berdampak pada terjadinya antrian kendaraan yang menunggu proses loading untuk dimuat ke kapal di Pelabuhan Merak dan Bakauheni. Namun, antrean kendaraan yang terjadi di jalan arteri sudah mulai terurai setelah layanan dibuka pertama kali pagi ini.

Adapun penutupan layanan penyeberangan berdasarkan situasi force majeure tadi malam, pengguna jasa yang menunggu layanan masih bisa melakukan penyeberangan pagi ini. Dan bagi yang memilih refund maka akan dikembalikan full.

ASDP bersama regulator mengimbau kepada seluruh masyarakat pengguna jasa penyeberangan agar lebih bijak dalam merencanakan perjalanan dengan kapal ferry di tengah cuaca ekstrim saat ini. Pengguna jasa diimbau untuk tetap waspada, mewaspadai cuaca buruk, memastikan stamina dan kendaraan tetap sehat dan prima, serta selalu mematuhi arahan/nasehat petugas selama berada di pelabuhan dan kapal.

Related posts