Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Kelas 4 Revisi 2017

Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Kelas 4 Revisi 2017 – Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Kelas 4 Revisi 2017. Dengan adanya pembelajaran ini, besar kemauan Ramal.id bahwa kalian dapat menerapkan artikel ini sebagai sebuah tanda untuk belajar. Nah lantas saja untuk teman teman kelas 4 SD langsung kita belajar bersama dibawah ini :

Rangkuman materi pembelajaran 3 tema 1 subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Kelas 4 SD dan kunci jawabannya. Pada topik pelajaran tematik 1 SD/MI kelas IV tentang “Indahnya Kebersamaan” dibagi menjadi beberapa subtema, salah satunya Kebersamaan dalam Keberagaman. Subtema 2 ini dibagi menjadi 6 pembelajaran. Berikut ini ringkasan isi pembelajaran ketiga.

Bekerja sama bisa dilakukan kapan saja. Saat kita bermain pun kita bisa bekerja sama. Tahukah kamu, bahwa kita dapat belajar bekerja sama dari permainan tradisional? Ayo, kita pelajari bersama!

Ayo Mencoba!

Salah satu permainan tradisional Indonesia yang sangat menarik adalah permainan bakiak. Permainan ini berasal dari Sumatra Barat. Bakiak, atau biasa disebut Terompa Bakuak di Sumatra Barat merupakan permainan yang membutuhkan kekompakkan.

Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman

Hari ini kamu akan mencoba permainan tradisional bakiak dengan teman-temanmu.

Sebelum melakukan permainan Bakiak, kamu harus memperhatikan hal berikut.
1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3 orang.
2. Masukkan masing-masing kaki ke dalam tali Bakiak.
3. Anggota kedua memegang bahu anggota di depannya. Anggota ketiga memegang bahu anggota di depannya.
4. Anggota paling depan memberi tanda kapan berjalan dan kapan berhenti.
5. Diskusikan kaki mana yang akan diangkat terlebih dahulu, kaki kanan atau kaki kiri.
6. Untuk menjaga kekompakan, semua anggota bisa berteriak saat berjalan: kiri, kanan, kiri,…
7. Cobalah berkali-kali permainan ini dengan kelompokmu sampai terasa gerakan yang semakin baik dan kompak.
8. Kelompok yang pertama mencapai garis akhir adalah pemenangnya.

Setelah bermain Bakiak, diskusikanlah hal berikut dengan teman kelompokmu!

1. Apakah kelompokmu berhasil mencapai tujuan tepat waktu? Mengapa?
2. Bagaimana pengaruh gerak yang dilakukan setiap anggota kelompok terhadap pencapaian tujuan dalam permainan?
3. Apa kesulitan yang kamu hadapi saat bermain Bakiak?
4. Bagaimana sikapmu terhadap teman satu kelompok saat bermain Bakiak?

Jawaban:

1. Kami berhasil mencapai tujuan tepat waktu karena kami bekerjasama dengan baik.
2. Gerak yang dilakukan oleh anggota kelompok mendukung gerak dalam kelompok.
3. Kesulitan yang dihadapi adalah memadukan gerak kelompok agar dapat bergerak secara bersamaan.
4. Terhadap teman satu kelompok kami saling menghargai karena kemampuan masing-masing anggota kelompok berbeda.

Dalam kelompok terdiri dari beberapa anggota yang memiliki kemampuan beragam. Namun hal tersebut tidak menghalangi kita untuk tetap bekerja sama. Saling menghargai perbedaan dalam bekerja sama akan membantu tim mencapai tujuan.

Ayo Berlatih!

Saat bermain Bakiak, kamu tentunya harus mendengarkan peluit yang ditiupkan guru dan aba-aba temanmu. Kegiatan tersebut tentunya membutuhkan pendengaran yang baik. Masih ingatkah kamu tentang pentingnya indra pendengar? Ayo, kita mengingatnya kembali.

Bekerjalah dalam kelompok. Buat peta pikiran tentang indra pendengar dan sajikan di depan kelas.

Materi Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman SD Kelas 4

Jawaban:

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 103 Peta Pikiran Tentang Indra Pendengar

Telinga sangat penting bagi kita. Dengan telinga kita dapat mendengar bunyi-bunyian. Kamu sudah melakukan percobaan tentang sumber bunyi. Kamu bisa mendengar alat musik tradisional karena telingamu berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, rawatlah telingamu dengan baik.

Nah, sekarang kamu akan melakukan percobaan tentang sumber bunyi seperti pembelajaran sebelumnya. Namun, kali ini kamu harus mencari alat sendiri dan mencoba membunyikannya. Kamu bisa mencari berbagai peralatan seperti kertas, kayu, dan sebagainya. Lakukanlah permainan bunyi bersama dengan teman kelompokmu. Secara bergantian kamu bisa menebak sumber bunyi yang dibunyikan temanmu.

Berapa kali kamu bisa menebak sumber bunyi?
Sumber bunyi mana yang mudah kamu tebak?
Sumber bunyi mana yang sulit kamu tebak?

Jawaban Contoh Hasil Percobaan, buka DISINI.

Ayo Membaca

Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang Tong Sampah Gotong Royong. Bacalah sekali lagi cerita tersebut dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Gunakan diagram-diagram berikut.

Jawab: buka DISINI.

Nah itulah rangkuman materi pembelajaran 3 tema 1 subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Kelas 4 SD dan kunci jawabannya secara singkat, semoga bermanfaat. Jawaban lengkap, buka disini: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 101 102 103 104 105 106 107 108 Pembelajaran 3 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :