Pembelajaran 5 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Kelas 4 Revisi 2017

Pembelajaran 5 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Kelas 4 Revisi 2017 – Pada kesempatan ini kami akan membahas seputar Pembelajaran 5 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Kelas 4 Revisi 2017. Dengan adanya pelajaran ini, besar keinginan Ramal.id bahwa kalian dapat menggunakan tulisan ini sebagai sebuah tanda untuk belajar. Nah seketika saja untuk sahabat teman kelas 4 SD segera kita belajar bersama dibawah ini :

Rangkuman materi pembelajaran 5 tema 1 subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Kelas 4 SD dan kunci jawabannya. Pada topik pelajaran tematik 1 SD/MI kelas IV tentang “Indahnya Kebersamaan” dibagi menjadi beberapa subtema, salah satunya Kebersamaan dalam Keberagaman. Subtema 2 ini dibagi menjadi 6 pembelajaran. Berikut ini ringkasan isi pembelajaran kelima.

Sebelumnya, kamu telah belajar teknik menari Bungong Jeumpa. Tari Bungong Jeumpa dapat ditampilkan dalam formasi duduk atau berdiri. Ayo, menari dalam formasi duduk.

Ayo Berdiskusi!

Pembelajaran 5 Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman

Apakah kamu masih ingat gerakan tari Bungong Jeumpa dalam formasi duduk?

Diskusikan dan peragakan secara berpasangan menarikan tarian tersebut dalam posisi duduk. Setelah kamu cukup menguasai gerakannya, berlatihlah secara berkelompok dengan iringan musik. Perhatikan arahan dan peragaan dari guru terlebih dahulu.

Tahukan kamu bahwa Tuhan menciptakan budaya yang berbeda agar kita saling mengenal dan saling menghargai? Tugas kita adalah menciptakan keselarasan di tengah-tengan perbedaan.

Masih ingat tangram yang telah kamu pelajari sebelumnya? Pada tangram tersebut juga terdapat bentuk yang berbeda-beda. Coba kamu perhatikan kembali berbagai tangram berikut. Dengan bentuk yang berbeda-beda, kita bisa membentuk bangun atau gambar baru yang menarik dan kreatif.

Beri huruf (A, B, C, D, dan seterusnya) di setiap sudut pada tangram tersebut. Tulis taksiranmu untuk besar masing-masing sudut yang sudah kamu beri huruf pada tabel berikut.

No Sudut Perkiraan Hasil Pengukuran
1 A 75° 80°
2 ABC 90° 90°
3 BCD 90° 90°
4 CDB 90° 90°
5 CDA 90° 90°

Sekarang buktikan taksiranmu dengan mengukur menggunakan busur derajat dan tuliskan hasilnya pada tabel di atas. Tulis kesimpulanmu tentang hasil pengukuran sudut tersebut.

Tulis kesimpulanmu tentang hasil pengukuran sudut tersebut.

Jawab: Pengukuran sudut adalah membandingkan sudut yang akan diukur dengan sudut pembanding. Pengukuran besar sudut dapat dilakukan melalui pengukuran sudut dengan satuan baku dan pengukuran sudut dengan satuan tidak baku. Pengukuran sudut dengan satuan baku menggunakan busur derajat, sedangkan pengukuran sudut dengan satuan tidak baku menggunakan sudut satuan.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 119

Ayo Berdiskusi

Apakah kamu pernah mengikuti atau melihat perayaan hari besar agama di sekitar tempat tinggalmu? Buatlah gambar yang berkaitan dengan perayaan hari besar agama tersebut!

Jawab: Saya pernah mengikuti perayaan hari besar agama di sekitar tempat tinggalku, yaitu hari raya idul fitri.

Contoh Gambar :

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 119

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 120

Sekarang saatnya kamu menceritakan secara tertulis tentang perayaan hari besar keagamaan yang pernah kamu ikuti atau yang pernah kamu lihat di lingkungan tempat tinggalmu.

Jawab:

Perayaan Hari Besar Keagamaan Yang Pernah Saya Ikuti

Saya melaksanakan Hari Raya Idhul Fitri setiap tahun. Suasana semarak dan khas bulan Ramadhan sudah dimulai sejak awal ramadan hingga puncaknya adalah perayaan idul fitri. Saat takbiran adalah saat menggembirakan buat semua, terutama anak-anak. Sejak sore di akhir ramadan biasanya anak-anak kecil sudah ramai berkumpul di mushola terdekat untuk menabuh beduk dan bertakbir.

Kami juga melakukan takbir keliling bersama di jalan raya menggunakan kendaraan. Beberapa mobil dilengkapi dengan pengeras suara dan beduk berjalan beriringan. Sementara dalam kendaraan beberapa orang mengumandangkan takbir sepanjang jalan. Kegiatan takbir keliling dilakukan dengan mengelilingi kampung. Susana malam takbiran sangat meriah.

Di kampung saya biasanya shalat dilaksanakan di masjid yang paling besar. Sejak habis subuh biasanya kami berjalan kaki untuk shalat Id di masjid. Jamaah biasanya sangat banyak dan meluber hingga jalan yang ada di depan dan kiri masjid. Setelah shalat Id, bermaafan dengan orang tua dan keluarga. Lalu bersama teman-teman berkunjung ke rumah tetangga kiri dan kanan dan ke rumah saudara-saudara untuk saling meminta maaf.

  • Presentasikan dan diskusikan dengan teman-temanmu cerita yang telah kamu tulis.
  • Beri kesempatan kepada temanmu untuk mengajukan pertanyaan setelah kamu selesai melakukan presentasi.

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 121

Keberagaman suku bangsa dan agama di Indonesia adalah sumber kekayaan yang tidak ternilai harganya. Keberagaman tersebut menyebar dari Sabang sampai Merauke.

Seperti apa keragaman umat beragama di lingkungan provinsimu? Bagaimana antarumat beragama saling menjalin persatuan? Ayo, cari tahu dengan menggali dari berbagai sumber.

Tulis hasil temuanmu pada kertas HVS dan presentasikan dalam kelompok.

Contoh jawaban soal diatas, buka DISINI.

Nah itulah rangkuman materi pembelajaran 5 tema 1 subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Kelas 4 SD dan kunci jawabannya secara singkat, semoga bermanfaat. Jawaban lengkap, buka disini: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 117 118 119 120 121 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :