Pengembang Free Fire Buat Tiga Gim Baru Tahun Ini

Anak perusahaan Sea Group, Garena berencana meluncurkan tiga game baru tahun ini. Pengembang game Free Fire ini sebelumnya diblokir di pasar India. Garena membukukan pendapatan US$1,1 miliar pada kuartal pertama tahun ini. Sementara laba bersih naik 52,2% year on year (yoy) menjadi US$ 432 juta.

Namun, Garena mencatat penurunan jumlah pengguna aktif kuartalan sebesar 32,9 juta pada kuartal tersebut. Sementara pengguna berbayar turun lebih dari 18 juta dari 79,8 juta menjadi 61,4 juta tahun lalu.

CNBC International mengatakan penurunan jumlah pengguna game Garena sejalan dengan kekhawatiran melemahnya permintaan game mobile di dunia pasca-Covid-19.

Selain itu, penurunan terjadi di tengah larangan game yang dirilis Garena di pasar India. Awal tahun ini, India memblokir game Free Fire bersama dengan 53 aplikasi lainnya. Head of Business Development Esports Garena Wijaya Nugroho mengatakan, pengguna game Garena sebenarnya terus bertambah. Hal ini sejalan dengan strategi perusahaan untuk merangkul sejumlah industri hiburan, mulai dari musik hingga film.

“Untuk pelarangan di pasar India tidak berpengaruh, karena di sana kami masih ada Free Fire Max,” kata Wijaya saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (25/5).

Free Fire Max adalah game yang ditingkatkan dari Garena Free Fire yang dirilis tahun lalu. Game ini memiliki kualitas grafis yang lebih baik dari seri lainnya.

Garena juga akan merilis tiga game baru untuk meningkatkan pengguna. Ketiga game tersebut adalah sandbox, massively multiplayer online role-playing game (MMORPG), dan survival RPG. “Secepatnya akan kami rilis. Kami juga akan menyediakan konten-konten menarik dari lokal hingga internasional,” ujarnya.

Perusahaan asal Singapura itu juga akan terus menjalin kerja sama dengan sejumlah industri. Sebelumnya, Garena menggaet Cristiano Ronaldo, Bangtan Boys atau BTS, dan Netflix. Selain itu, Garena Free Fire berkolaborasi dengan serial animasi populer Jepang ‘Attack on Titan’. Penggemar serial anime ini dapat menemukan kostum dengan warna bertema divisi Survey Corps saat bermain game.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :