perbedaan layar punch hole, notch, waterdrop, waterfall, folding di smartphone

perbedaan layar punch hole, notch, waterdrop, waterfall, folding di smartphone – Informasi mengenai teknologi memang banyak sekali peminatnya. Ramal.id pada kans ini akan memberikan ulasan mengenai perbedaan layar punch hole, notch, waterdrop, waterfall, folding di smartphone. Nah lantas saja kalian simak pertanyaan dan review yang kami himpun dari arie.pro sebagai berikut :

jenis layar berdasarkan bentuknya

Teknologi layar pada smartphone semakin kesini dan semakin canggih. Dulu, layar pada ponsel yang dikembangkan hanya berdasarkan kerapatan piksel dan kualitas gambar yang dihasilkan. Namun kini bentuk layarnya semakin “aneh”. Dan inilah yang menarik untuk dibahas.

Bentuk layar hp dari dulu sampai sekarang sebenarnya sama dan itu saja, kalau bukan persegi panjang ya kotak. Memang ada beberapa HP jaman dulu yang layarnya bulat atau oval seperti yang ada di Motorola Aura. Tapi ya kebanyakan masih berbentuk persegi panjang.

Namun saat ini layar segi empat dibuat sedemikian rupa agar lebih menarik. Dan cenderung lebih memangkas bezel. Maka saat ini layar smartphone dibuat sedemikian rupa sehingga frame atau bezelnya minimalis. Sehingga tampilan depan smartphone hanya terlihat layarnya saja.

Kemudian muncul layar melengkung yang bahkan merupakan layar yang dapat ditekuk. Hal ini berkat hadirnya layar oled, layar jenis ini sangat fleksibel karena memiliki ketipisan kurang dari 1mm. Hal ini memungkinkan layar untuk ditekuk atau dilipat. Dan berikut ini adalah detail beberapa layar unik yang terdapat pada smartphone di tahun 2017 hingga 2021.

Jenis bentuk layar smartphone

Tampilan melengkung (layar 2.5D dan 3D)

tampilan melengkung

Ini sebenarnya merupakan teknologi yang hanya terdapat pada bagian depan layar (panel kaca) pada smartphone. Atau teknologi yang hanya terdapat pada kaca pada layar touchscreen, belum termasuk LCD. Layar 2.5D merupakan layar yang ujung-ujungnya melengkung (sedikit melengkung, tidak seperti tampilan air terjun) sehingga bentuk kacanya tidak kaku.

Tampilan air terjun

tampilan air terjun

Layar melengkung di tepi kanan dan kiri layar hampir memenuhi sebagian besar bezel. Ini pertama kali dipopulerkan oleh Samsung pada seri S6 Edge. Namun, ada juga tampilan waterfall yang digunakan di semua sisi smartphone, seperti pada Huawei P40.

Takik

takik

Takik atau poni pada layar smartphone dipopulerkan oleh iPhone X. Dimana pada bagian atas layar terdapat bezel yang menjorok ke dalam untuk menyimpan kamera depan dan beberapa sensor. Sesuai dengan namanya “pony”, layarnya dipotong membentuk poni.

Tetesan air

tampilan tetesan air

Hampir sama dengan notch ini adalah bezel yang masuk ke dalam layar untuk menyimpan kamera depan. Yang membedakannya adalah bentuknya yang menyerupai air yang akan jatuh, sesuai dengan namanya waterdrop.

Lubang Pukulan

tampilan lubang pukulan

Lubang di layar. Sangat mudah dipahami, artinya ini adalah layar yang memiliki lubang. Dan biasanya lubang tersebut dibuat untuk menyimpan kamera depan. Ada beberapa smartphone yang bahkan menyimpan 2 kamera di punch hole.

dapat dilipat

layar lipat

Fodable artinya ditekuk atau dilipat, dan ini memang layar yang bisa ditekuk. Di penghujung tahun 2020 ini, sudah ada beberapa smartphone dari Motorola, Samsung dan Huawei yang menggunakan layar dengan teknologi foldable. Beberapa seri populer termasuk Samsung Fold 1 dan Samsung Fold 2, Huawei Mate X dan Motorola Razr 2019.

Beberapa produsen smartphone memberikan nama berbeda untuk bentuk layar yang sama. Misalnya di Samsung untuk layar dengan punch hole mereka menyebutnya Infinity O display. Begitu juga dengan pabrikan lain yang terkadang menggunakan istilah berbeda untuk bentuk layarnya.

Nah semoga dengan adanya tulisan ini perbedaan layar punch hole, notch, waterdrop, waterfall, folding di smartphone dapat menjawab segala pertanyaan yang tentunya kalian alami. Semoga dengan pengetahuan yang kami bagikan akan kalian dapatkan kegunaan dari tulisan ini. Terima kasih

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :