Peta Konsep Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia Hewan Alam Tumbuhan

Peta Konsep Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia Hewan Alam Tumbuhan – Pada kesempatan ini kami akan membahas seputar Peta Konsep Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia Hewan Alam Tumbuhan. Dengan adanya pelajaran ini, besar harapan Ramal.id bahwa kalian bisa menggunakan artikel ini sebagai sebuah pedoman untuk belajar. Nah lantas saja untuk teman teman kelas 4 SD langsung kita belajar bersama dibawah ini :

Peta konsep manfaat energi matahari bagi manusia bagi hewan bagi alam bagi tumbuhan, pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 4 halaman 17 18 19 tepatnya pada materi pembelajaran 3 subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia, buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2016.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Apa Hak Dan Kewajiban Kita Terhadap Lingkungan. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 17

A. Sumber Energi yang Tidak Dapat Diperbarui
Sumber energi yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber-sumber energi yang akan habis. Sumber energi tersebut juga tidak dapat diperbarui lagi. Pada umumnya, minyak dan gas merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Contoh lain adalah batu bara, gas alam, dan hasil tambang lainnya. Minyak bumi dan batu bara merupakan sumber energi yang berasal dari tum buhan dan makhluk hidup yang terpendam selama jutaan tahun. Minyak bumi dan batu bara akan habis jika digunakan secara terus menerus. Dibutuhkan waktu berjuta-juta tahun agar minyak bumi dan gas agar tersedia lagi.

B. Sumber Energi yang Dapat Diperbarui
Sumber energi yang dapat diperbarui merupakan sumber energi yang tidak akan habis meskipun digunakan secara terus-menerus. Sumber energi ini dapat memperbarui diri. Ada pula sumber energi yang bisa diusahakan atau dibuat oleh manusia. Meskipun demikian, kita tetap harus bijak dan hemat dalam menggunakannya. Contoh sumber energi ini adalah air, matahari, hewan dan tumbuhan.

Ayo Berlatih

Matahari merupakan sumber energi yang terbesar bagi bumi. Energi matahari tidak akan pernah habis digunakan. Energi matahari bermanfaat bagi seluruh alam terutama makhluk hidup. Kegiatan ini akan memudahkanmu memahami manfaat energi matahari bagi kehidupan manusia.

Buatlah peta konsepnya dengan mengisi kolom kolom berikut.

Jawaban :

Peta konsep manfaat energi matahari bagi manusia bagi hewan bagi alam bagi tumbuhan

1. Manfaat energi matahari bagi Alam :
– Sebagai Pusat Tata Surya
– Menerangi bumi
– Sebagai Sumber Energi tak terbatas bagi alam dan isinya
– Mengeringkan Tanah yang basah setelah diguyur hujan
– Membantu terjadinya siklus air
– Panas matahari menjaga kelangsungan hidup organisme di Bumi.

2. Manfaat energi matahari bagi manusia :
– Membantu manusia untuk mengeringkan Pakaian
– Membantu petani garam menguapkan air laut yang ada di ladang garamnya
– Membantu petani untuk mengeringkan gabah
– Memberikan vitamin D yang dibutuhkan oleh Tubuh
– Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Surya

3. Manfaat energi matahari bagi hewan :
– Untuk menghangatkan tubuh
– Membantu penyerapan kalsium
– Untuk Pertumbuhan
– Membantu proses pencernaan
– Mengeringkan bulu atau rambut

4. Manfaat energi matahari bagi Tumbuhan :
– Membantu proses fotosintesis
– Mengaktifkan Klorofil
– Menjaga temperatur tumbuhan
– Membantu pertumbuhan bunga dan daun
– Menghilangkan air yang ada pada tumbuhan

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 9 kelas 4 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 17 tentang Peta konsep manfaat energi matahari bagi manusia bagi hewan bagi alam bagi tumbuhan. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 3 subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia. Terimakasih, selamat belajar! Lihat soal lainnya secara lengkap: Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 Halaman 17 18 19 Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi di Indonesia Pembelajaran 3

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :