Pikiran Utama dan Informasi Penting Usaha Manusia dalam Pemeliharaan Ekosistem – SD Kelas 5

Pikiran Utama dan Informasi Penting Usaha Manusia dalam Pemeliharaan Ekosistem – Pada kesempatan ini kami akan membahas perihal Pikiran Utama dan Informasi Penting Usaha Manusia dalam Pemeliharaan Ekosistem. Dengan adanya pelajaran ini, besar kemauan Ramal.id bahwa kalian bisa memakai artikel ini sebagai sebuah tanda untuk belajar. Nah lantas saja untuk teman teman kelas 5 SD segera kita belajar bersama dibawah ini :

Pikiran Utama dan informasi penting Usaha Manusia dalam Pemeliharaan Ekosistem pada setiap paragraf, Lalu carilah informasi penting dari setiap paragraf tersebut, pembahasan kunci jawaban tema 5 kelas 5 halaman 138 142 147 tepatnya pada materi pembelajaran 6 subtema 3 Keseimbangan Ekosistem di buku tematik siswa sekolah dasar.

Pikiran Utama Usaha Manusia dalam Pemeliharaan Ekosistem

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang Apa Saja Kegiatan Manusia yang Dapat Mengganggu Keseimbangan Ekosistem di buku tematik siswa.

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 142

Pada halaman 140 terdapat bacaan Usaha Manusia dalam Pemeliharaan Ekosistem. Dari bacaan tersebut, tentukanlah pikiran utama pada setiap paragraf. Lalu carilah informasi penting dari setiap paragraf tersebut. Tuliskanlah semua itu di dalam tabel di bawah ini.

Jawaban :

ParagrafPikiran UtamaInformasi Penting
1Manusia dianugerahi kemampuan berpikir untuk memanfaatkan alam sekitarnya guna memenuhi kebutuhan hidup.– Banyak kegiatan manusia justru malah mengganggu keseimbangan ekosistem.
– Contohnya kegiatan para nelayan menggunakan racun dan bom untuk menangkap ikan. Kegiatan lain seperti industri tekstil yang membuang limbah beracun ke beberapa ekosistem air.
2Sebagai makhluk paling berakal, manusia seharusnya mengusahakan beberapa cara untuk memulihkan keseimbangan ekosistem.– Menanam pohon sebanyak-banyaknya dan membuat lebih banyak taman terbuka.
– Menangkap ikan dengan alat dan cara yang tidak merusak ekosistem.
3Kegiatan-kegiatan sederhana yang sangat mungkin dilakukan.– Tidak membuang sampah ke sungai.
– Menanam lebih banyak pohon di bantaran sungai.
– Belajar membuat kompos dengan memanfaatkan sampah.

Berdasarkan tabel di atas, buatlah kesimpulanmu dalam tulisan satu paragraf. Gunakan kosakata baru dari bacaan dan bahasamu sendiri, dan tuliskan kesimpulanmu dengan rapi di tempat yang telah tersedia.

Jawaban : Berdasarkan tabel diatas dapat ditulis kesimpulan yaitu, manusia dianugerahi kemampuan berpikir untuk memanfaatkan alam sekitarnya guna memenuhi kebutuhan hidup. Sebagai makhluk paling berakal, manusia seharusnya mengusahakan beberapa cara untuk memulihkan keseimbangan ekosistem. Ada beberapa kegiatan sederhana yang sangat mungkin dilakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

Ayo Berlatih
1. Apa saja usaha dan kegiatan manusia yang dapat membantu keseimbangan ekosistem?
2. Tahukah kamu cara membuat kompos? Cari tahu dan jelaskan.
3. Mengapa penggunaan bahasa yang baik, jelas, dan sopan sangat penting dalam berkomunikasi?
4. Cara berkomunikasi seperti apakah yang dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia? Berikan contoh.
5. Jelaskan cara membuat topeng kertas yang telah kamu lakukan sebelumnya.

Jawaban, buka disini: Apa Saja Usaha dan Kegiatan Manusia yang Dapat Membantu Keseimbangan Ekosistem

Demikian pembahasan kunci jawaban soal tema 5 kelas 5 SD halaman 142 tentang Pikiran Utama Usaha Manusia dalam Pemeliharaan Ekosistem. Kerjakan juga soal lain pada pembelajaran 6 subtema 3 Keseimbangan Ekosistem di buku tematik siswa. Semoga bermanfaat! Lihat soal lainnya di kolom pencarian:

Ikuti berita Ramal.id hari ini, terbaru dan terkini. Anda bisa bergabung mengikuti Ramal.id di Google News pada tautan ini.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :