Prakiraan Cuaca BMKG Prediksi Sebagian Besar Kota di Indonesia Akan Hujan Disertai Petir Dan Angin Kencang Hari Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian besar kota di Indonesia akan diguyur hujan pada hari ini (20/11).

Dikutip dari situs resmi BMKG, wilayah Aceh akan mengalami hujan lebat yang dapat disertai angin kencang di sejumlah kota.

Demikian juga di wilayah Bengkulu, hujan akan turun dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai angin kencang di wilayah Kabupaten Muko-Muko, Bengkulu Utara, Kota Bengkulu, dan sekitarnya.

Waspadai potensi hujan lebat di sebagian wilayah Lampung pada sore dan malam hari. Wilayah Bangka Belitung berpotensi hujan sedang hingga lebat pada siang, malam, dan dini hari, di Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Bangka Barat, dan Belitung.

Sementara itu, Riau juga akan mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang yang akan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir dan Bengkalis pada malam hari. Sumatera Barat berpotensi hujan sedang hingga lebat pada pagi hingga sore hari di beberapa wilayah.

Sumatera Selatan juga berpotensi hujan dengan intensitas yang sama dengan durasi pendek pada sore, malam, malam, dan dini hari.

Sumut juga diminta mewaspadai hujan deras di sekitar Lereng Timur, Pantai Barat, Lereng Barat yang berpotensi menimbulkan longsor dan banjir.

Hujan dengan durasi singkat akan terjadi di sebagian besar wilayah Bali, serta peringatan tentang potensi banjir di Bali bagian utara. Sementara itu, di wilayah Banten dan DKI Jakarta potensi angin kencang di beberapa wilayah.

Beberapa wilayah di Jawa Barat seperti Bogor, Sukabumi, Bandung, Garut, Tasikmalaya, dan sebagian besar wilayah lainnya berpotensi hujan pada siang dan malam hari.

Jawa Timur juga akan mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai angin dan petir pada pagi, siang, sore dan malam hari di wilayah Magetan, Pasuruan, Lumajang, Banyuwangi, Nganjuk, Madiun, Malang, dan Probolinggo.

Kalbar berpotensi hujan dengan durasi pendek, begitu pula Kalteng dan Kalsel. Waspada juga terhadap dampak bencana seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, petir atau kilat dan pohon tumbang. Kalimantan Timur juga berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan Kalimantan Utara akan hujan dengan

Pada pagi, siang dan sore hari, waspadai potensi hujan lebat di sebagian besar wilayah Maluku dan Maluku Utara. Hujan juga akan mengguyur wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dapat disertai angin kencang pada siang dan malam hari, serta Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sebagian besar wilayahnya akan diguyur hujan dengan durasi singkat.

Papua hingga Papua Barat berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan dapat disertai petir di beberapa wilayah.

Wilayah Gorontalo dan Jambi juga berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai angin kencang dan petir. Pada sore hingga malam hari, hujan sedang hingga lebat juga akan membasahi wilayah Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan, serta mewaspadai potensi genangan air dan banjir. Begitu juga dengan Sulawesi Tengah yang akan turun hujan pada siang dan malam hari.

Sulawesi Tenggara berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang pada pagi hari di wilayah Wakatobi dan Bombana serta sore hari di wilayah Bombana, Muna, dan Muna Barat. Sementara itu, Sulut diminta mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Manado, Bitung, Minahasa, Bolmong, dan Kepulauan Talaud.

Ikuti berita Ramal.id hari ini, terbaru dan terkini. Anda bisa bergabung mengikuti Ramal.id di Google News pada tautan ini.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :