Rangkuman Situasi Terkini Rusia vs Ukraina, Kamis 24 Maret

Jakarta, – Invasi Rusia ke Ukraina sudah berlangsung selama 28 hari. Berbagai dialog sedang diupayakan antara kedua negara untuk mengakhiri perang.
Namun, serangkaian dialog yang telah dilakukan belum juga membuahkan hasil. Rusia juga terus menggempur beberapa wilayah di Ukraina meskipun ada laporan kekuatannya melemah karena berkurangnya pasokan logistik.

Berikut rangkuman situasi terkini Rusia vs Ukraina, Kamis (24/3) pagi:

Rusia Ancam Gunakan Senjata Nuklir Jika Ada Ancaman Eksistensial

Rusia tidak menentang penggunaan senjata nuklir dalam perang di tengah agresi Moskow di Ukraina yang terus mendapat perlawanan sengit.

Juru bicara Presiden Vladimir Putin, Dmitry Peskov, mengatakan Rusia hanya akan menggunakan senjata nuklir jika menghadapi “ancaman eksistensial”.

“Jika ada ancaman eksistensial terhadap negara kami, maka (senjata nuklir) dapat digunakan sesuai prinsip kami,” kata Peskov ketika ditanya oleh presenter CNN Christiane Amanpour tentang kemungkinan penggunaan senjata nuklir Rusia, Selasa (22/3).

 

Pasukan Ukraina Mulai Menyerang, Tentara Rusia Disebut Kewalahan

Amerika Serikat mengklaim melihat indikasi bahwa pasukan Ukraina mulai menyerang serangan gencar pasukan Rusia pada hari ke-27 invasi Moskow ke negara bekas Soviet itu.

Juru bicara Departemen Pertahanan AS John Kirby mengatakan, misalnya, bahwa pasukan Ukraina saat ini berusaha untuk merebut kembali kota Kherson, yang telah diduduki oleh Rusia sejak invasi.

“Mereka (Ukraina) telah bertahan dengan sangat cerdas, sangat gesit, sangat kreatif, di tempat-tempat yang mereka yakini sebagai tempat yang tepat untuk bertahan, dan kita telah melihat mereka sekarang, di tempat-tempat terutama di selatan dekat Kherson, mereka telah mencoba untuk merebut kembali wilayahnya,” kata Kirby seperti dikutip CNN.

 

Hampir sebulan invasi, Rusia mengaku belum mencapai tujuannya di Ukraina

Rusia mengatakan belum mencapai tujuan utama dari “operasi militer” di Ukraina sebulan setelah invasi.

Juru bicara Presiden Vladimir Putin, Dmitry Peskov, mengatakan presiden mengakui bahwa dia belum mencapai tujuan utamanya untuk menyerang Ukraina.

“Ya, pertama-tama, belum. Dia belum mencapainya,” kata Peskov ketika ditanya apa yang menurut Presiden Putin telah dia capai sejauh ini di Ukraina dalam sebuah wawancara khusus dengan CNN.

Pasukan Ukraina Serangan Balik Pasukan Rusia di 5 Titik

Pasukan Ukraina dikabarkan mulai melakukan serangan balik terhadap tentara Rusia dan merebut kembali beberapa wilayah yang telah diduduki Rusia pada hari ke-27 invasi, Selasa (23/3).

Beberapa daerah yang menjadi sasaran tentara Ukraina termasuk titik-titik di sekitar ibu kota Kyiv yang telah dikepung oleh Rusia, kota Makariv, Borodyanka, Mykolaiv, dan Kherson.

Tangan Kanan Putin Mengundurkan Diri dan Meninggalkan Rusia

Tangan kanan Presiden Rusia Vladimir Putin, Anatoly Chubais, telah mengundurkan diri dari posisinya sebagai perwakilan lobi internasional.

Keputusan itu muncul menjelang satu bulan agresi Rusia di Ukraina.

Mengutip Reuters, Chubais segera meninggalkan Rusia begitu dia menyatakan pengunduran dirinya.

Sebuah sumber Reuters yang meminta untuk tidak disebutkan namanya mengatakan Chubais tidak akan kembali ke Rusia.

Kapal perang Rusia membombardir Mariupol Ukraina dari Laut Azov

Angkatan Laut Rusia mulai meluncurkan serangan rudal dari kapal perang mereka di kota Mariupol Ukraina melalui Laut Azov.

Mengutip CNN, seorang pejabat senior Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengatakan serangan itu diluncurkan setelah pasukan Ukraina berhasil memukul mundur pasukan Rusia di sekitar Kyiv.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :