Riset Terbaru IUCN Sebut 69 Spesies Hewan Telah Hilang dari Indonesia

JAKARTA – Penelitian terbaru mencantumkan 32.802 spesies yang terdaftar di International Union for Conservaon of Nature Red List of Threatened Species (IUCN Red List) dan mengidentifikasi 562 spesies yang hilang. Dan ratusan hewan ini tercatat 69 spesies hewan di Indonesia mengalami nasib yang sama.

Temuan tersebut muncul dalam jurnal Animal Conservation, daftar Merah IUCN yang mendefinisikan kepunahan sebagai ‘ketika tidak ada keraguan yang masuk akal bahwa individu terakhir dari suatu spesies telah mati,’ yang dapat menjadi tantangan untuk diverifikasi. Menurut Profesor Keanekaragaman Hayati Universitas Simon Fraser dan rekan penulis studi Arne Mooers, Daftar Merah mengkategorikan 75 dari 562 spesies yang hilang ini sebagai ‘mungkin punah.

Sebanyak 311 spesies vertebrata darat telah dinyatakan punah sejak 1500, yang berarti 80 persen lebih banyak spesies yang dianggap hilang daripada yang dinyatakan punah, seperti dikutip dari Simon Fraser University, Sabtu (21/5/2022). Reptil memimpin dengan 257 spesies dianggap hilang, diikuti oleh 137 spesies amfibi, 130 spesies mamalia dan 38 spesies burung. Sebagian besar hewan yang hilang ini terakhir terlihat di negara-negara megadiversifikasi seperti Indonesia (69 spesies), Meksiko (33 spesies) dan Brasil (29 spesies). Di Indonesia sendiri, ada beberapa satwa yang kini masuk dalam kategori dilindungi karena keberadaannya semakin berkurang, salah satunya adalah badak. Selain badak, ada hewan endemik Indonesia yang resmi dinyatakan punah oleh pemerintah karena tidak pernah ditemukan lagi.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :