Rute KRL Berubah, Penumpang Menumpuk dan Lama Menunggu di Stasiun Manggarai

Jakarta – Siang ini Stasiun Manggarai dipadati penumpang. Pantauan Tempo, mayoritas penumpang kereta api listrik (KRL) Jabodetabek menunggu di Peron 7.

Mereka menunggu kereta menuju Cikarang, Jawa Barat. Pukul 12.22 WIB, Platform 7 tidak begitu ramai.

Namun, sejumlah orang terlihat duduk di peron karena kereta belum tiba. Mereka menunggu kereta datang selama 30 menit hingga satu jam.

Pukul 12.40 WIB kereta api tujuan Cikarang baru tiba. Para penumpang di dalam kereta segera turun. Pada saat inilah lautan manusia memenuhi peron di lantai dasar.

Setelah revitalisasi, Stasiun Manggarai dirancang menjadi bangunan tiga lantai. Lantai dasar untuk KA Tanah Abang, Sudirman, Duri, dan KA jarak jauh.

Sedangkan lantai dua merupakan area transfer penumpang. Lantai tiga digunakan sebagai peron kereta api tujuan Bogor dan Jakarta Kota.

Penumpang KA yang baru turun di Peron 7 memadati Peron 11 dan Peron 12 di lantai tiga. Arus lalu lintas orang di lantai dasar sempat terhenti hingga satu menit menunggu antrian naik.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan perubahan pola operasi perjalanan KRL Jabodetabek mulai hari ini. Perubahan perjalanan terjadi pada lalu lintas Cikarang/Bekasi dan Bogor/Depok/Nambo serta pola transit pengguna KRL di Stasiun Manggarai.

Intinya, penumpang KRL jalur Bogor yang sebelumnya bisa langsung melintasi Tanah Abang dan Angke, kini harus transit di Stasiun Manggarai. Jalur Cikarang/Bekasi yang dulu bisa langsung menuju Jakarta Kota juga perlu berganti kereta di Stasiun Manggarai. Kereta api dari Bogor hanya melayani tujuan Jakarta Kota dan sebaliknya.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :