Sebanyak 931 Kios Di Pasar Sentral Makassar Hangus Terbakar, Perumda Bakal Segera Relokasi

  • Whatsapp


Sebanyak 931 Kios Di Pasar Sentral Makassar Hangus Terbakar, Perumda Bakal Segera Relokasi

Perumda Pasar Makassar Raya akan segera merelokasi pedagang yang terkena dampak kebakaran di Pasar Sentral Makassar. Data awal menyebutkan ada 931 kios di bagian selatan Blok B yang terdampak.

“Nanti secepatnya (dipindahkan ke lokasi baru). Karena inikan potensi kami juga sebagai Perumda Pasar,” kata Direktur Utama Perumda Pasar Makassar Raya Ichsan Abduh Hussein, Rabu (28/12/2022).

Read More

Belum ditentukan lokasi yang akan disiapkan. Namun, Ichsan menegaskan akan memilih lokasi yang terbaik.

“Insya Allah kami akan berbuat yang terbaik untuk pedagang,” katanya.

Ichsan juga belum bisa memastikan penyebab kebakaran Pasar Sentral Makassar. Dia menduga ini murni kecelakaan.

“Inikan kita untuk sementara ini kami menganggap ini adalah force majeure. Karena kami belum mendapat informasi awal,” ucap Ichsan.

Namun, kata dia, polisi sudah berada di lokasi. Pihak berwenang sedang melakukan penyelidikan.

“Saya masih tunggu hasil penyelidikan dari pihak kepolisian, saya akan koordinasi terus dengan pihak kepolisian,” ucapnya.

Dia juga meminta warga tidak berspekulasi tentang penyebab kejadian ini. Apalagi untuk berpikir jika kejadian itu diduga disengaja.

“Kalau kami menganggap ini murni kecelakaan. Jadi tidak ada dari pihak kami, pemerintah yang berpikir hal-hal seperti itu. Jadi tolong kita jangan berspekulasi dulu,” tegas Ichsan.

Ichsan sebelumnya mengatakan 931 kios pedagang terdampak kebakaran di Pasar Induk Makassar. Data sementara khusus untuk blok B bagian selatan.

“Kalau data potensi kami untuk blok B selatan istilahnya ini 931 (yang terdampak). Data potensi kami los ya, kios, bukan jumlah pedagang,” ungkapnya.

Kebakaran Pasar Sentral Makassar dimulai sekitar pukul 19.26 WITA. Petugas memadamkan api dan mulai mendinginkannya sekitar pukul 21.20 WITA.

Api pertama kali terlihat tumbuh di sisi depan pasar. Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut, namun warga yang menyaksikan mengatakan api menjalar dengan cepat.

“Kulihat dari atas rumah tiba-tiba besar. Saya lari karena ada juga tempatnya (kios) sepupu di dalam, mau diselamatkan tapi tidak ada mi,” kata saksi mata, Aco Lute (22) di lokasi, Selasa (27/12).

“Langsung besar saja api, apalagi kayu di dalam banyak,” jelasnya.

Related posts