Simak! 6 Tips dan Cara Memilih Car Seat Yang Tepat Untuk Bayi Maupun Anak

Membawa bayi jalan-jalan dengan mobil, tentu membutuhkan keamanan ekstra. Salah satu yang bisa kita gunakan adalah baby car seat atau tempat duduk khusus untuk bayi.

Karena berkaitan dengan keselamatan dan kenyamanan si kecil, tentunya kita perlu lebih berhati-hati dalam memilih baby car seat.

Lalu, bagaimana cara memilih baby car seat yang tepat?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu memperhatikan beberapa hal, mulai dari bahan jok mobil hingga keunggulan yang ditawarkannya. Nah, kali ini kita akan membahasnya satu persatu.

1. Pastikan kursi mobil bayi memenuhi standar keamanan

Hal pertama yang perlu kita ketahui adalah memastikan baby car seat memenuhi standar keselamatan. Pastikan baby car seat memiliki 5 titik harness yaitu 2 tali bahu, 2 tali pinggang, dan 1 tali pengaman di antara kaki.

2. Perhatikan bahan baby car seat

Bahan jok mobil yang panas tentunya akan membuat bayi rewel dan tidak nyaman. Soalnya, mereka bisa dengan mudah merasa pengap dan lebih mudah berkeringat.

Untuk itu, pastikan Anda memilih baby car seat berbahan polypropylene dan dilapisi busa. Bahan ini terkenal lembut, tebal, dan juga sejuk untuk kulit bayi.

3. Sesuaikan baby car seat dengan berat dan usia bayi

Semakin tua bayi, berat badan akan berubah. Tentu hal ini juga mempengaruhi pemilihan jok mobil, lho.

Jika kita memilih baby seat di dalam mobil tanpa mengetahui kapasitasnya, bisa jadi baby car seat terlalu lebar atau terlalu sempit.

Tipsnya, sebaiknya pilih baby car seat dengan tipe convertible seat yang bisa digunakan hingga anak usia 7 tahun.

4. Periksa kondisi baby car seat

Untuk memastikan bayi aman saat duduk di kursi, pastikan Anda sudah memeriksa kondisi kursi secara menyeluruh sebelum menggunakannya. Perhatikan bagian safety harness yang digunakan bayi saat duduk di sana.

Pastikan pengamannya kuat dan tidak rusak. Jadi, si kecil bisa duduk dengan aman dan nyaman selama perjalanan.

5. Pilih baby car seat dengan busa ekstra

Tentu saja kita tidak bisa menghindari goncangan yang terjadi saat berada di dalam mobil. Namun, guncangan ini bisa berbahaya bagi bayi karena bisa terbentur dan terluka.

Untuk itu, Anda perlu memastikan bahwa jok mobil dilengkapi dengan busa tambahan, terutama di dekat area kepala dan kaki. Hal ini bertujuan untuk mencegah benturan keras pada bayi.

6. Perhatikan kelebihan baby car seat

Setiap baby car seat dirancang dengan fitur khusus. Misalnya saja ada baby car seat yang dilengkapi dengan canopy untuk melindungi si kecil dari sinar matahari.

Selain itu, terdapat juga car seat dengan lubang udara di bagian belakang sehingga bayi merasa lebih nyaman. Nah, fitur-fitur tersebut bisa Anda maksimalkan untuk meningkatkan keamanan bayi saat berada di dalam mobil.

Nah, itulah tadi cara memilih car seat yang wajib Anda ketahui. Sebelum membeli, pastikan Anda memilih kursi mobil dari tempat terpercaya.

Ikuti berita Ramal.id hari ini, terbaru dan terkini. Anda bisa bergabung mengikuti Ramal.id di Google News pada tautan ini.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :