Sinopsis Serta Link Nonton Film Ziarah yang Viral di TikTok

Bagi Anda pengguna media sosial TikTok mungkin sering menemukan cuplikan film Ziarah. Ya, film tersebut saat ini sedang viral dan masuk FYP TikTok. Diketahui dari akun YouTube BW Purba Negara bahwa film Ziarah sendiri menceritakan tentang perjalanan seorang wanita tua bernama Mbah Sri dalam mencari makam suaminya yang menghilang puluhan tahun lalu. Perjalanan yang ia lakukan kemudian mempertemukannya dengan luka dan arti cinta dan ketulusan.

Film yang tayang di bioskop pada 18 Mei 2017 ini diperankan oleh Ibu Ponco Sutiyem, Rukman Rosadi, Ledjar Subroto, dan juga Vera Privatamasari. Sedangkan film ini disutradarai oleh BW Purbanegara.

Film berdurasi 1,5 jam ini bahkan telah meraih beberapa penghargaan seperti Special Jury Award – ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA) 2017, Best Screenplay – ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA) 2017, Nominasi Piala Citra untuk Best Original Skenario. – Festival Film Indonesia dan Skenario Terbaik 2016 Pilihan Majalah TEMPO 2016.

Film haji sendiri menceritakan tentang perjalanan Mbah Sri yang diperankan oleh Mbah Poco Sutiyem dalam mencari makam suaminya yang bernama Mbah Pawiro.

Selama bertahun-tahun, Mbah Sri telah menunggu suaminya, yang hilang selama agresi militer Belanda kedua, kembali. Sang suami berpamitan untuk pergi berperang membela tanah air. Dari muda hingga tua dia masih menunggu kedatangan suaminya yang hilang.

Setelah bertahun-tahun, Mbah Sri memutuskan untuk pergi mencari makam suaminya. Dia bertekad untuk berada di sebelah makam suaminya ketika dia meninggal.

Akhirnya Mbah Sri berhasil menemukan makam suaminya. Namun, Mbah Sri menemukan fakta yang menyakitkan.

Melangkah Layar di Gunungkidul, Premiere Gala ala Film Ziarah

Film “Ziarah” tayang perdana dengan konsep layar selangkah demi selangkah di Puncak Gunung Gambar, Gunung Kidul yang dihadiri warga sekitar, Sabtu 13 Mei 2017.

Gala perdana “Ziarah” dihadiri oleh sutradara BW Purba Negara dan Mbah Ponco Sutiyem yang masuk dalam nominasi Aktris Terbaik Asean International Film Festival and Awards (AIFFA) 2017 2017.

Ponco Sutiyem yang sama sekali tidak punya pengalaman akting, dinanti warga yang ingin minta foto bersama. Dalam kesempatan itu, dia mengaku senang film yang pernah dibintanginya selesai dan bisa diputar.

“Dari awal saya ditawari bermain di film ini, saya ingin cicit saya melihat dan mengingat saya suatu saat nanti, ketika saya meninggal lewat film ini,” kata Mbah Ponco dalam siaran pers seperti dilansir Antara, Senin (15 /5/2017).

Co-produser film Ziarah, Bagus Suitrawan menjelaskan bahwa Gunungkidul dipilih sebagai lokasi pemutaran perdana karena inspirasi itulah yang menjadi landasan film “Ziarah”.

“Ziarah” bercerita tentang perjalanan Mbah Sri (Ponco Sutiyem), seorang nenek berusia 95 tahun yang sedang mencari makam suaminya yang hilang saat agresi militer Belanda kedua. Pencarian itu didorong oleh keinginannya untuk dimakamkan di samping makam suaminya.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :