Sosok Gerald Jerry Lawson Bapak Perintis Video Game yang Jadi Google Doodle Hari Ini

  • Whatsapp


Sosok Gerald Jerry Lawson Bapak Perintis Video Game yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Hari ini, 1 Desember 2022 Google Doogle memperlihatlkan video game interaktif untuk ulang tahun ke-82 Gerald Jerry Lawson.

Video game sederhana di Google Doodle ini dirancang oleh tiga seniman dan desainer game asal Amerika Serikat, yaitu Davionne Gooden, Lauren Brown, dan Momo Pixel.

Dunia mengingat Gerald Jerry Lawson sebagai salah satu bapak video game modern. Dia memimpin tim yang mengembangkan sistem video game yang bisa dimainkan di rumah. Kreasinya yang kemudian mengubah cara kita bermain video game adalah kartrid atau kaset yang dapat ditukar.

Sebelum munculnya konsol video game rumahan. Jenis permainan ini hanya bisa dinikmati di sebuah tempat bernama arcade center yang menampung berbagai mesin arcade berukuran besar. Dingdong, kalau kata orang Indonesia.

Gerald Jerry Lawson lahir di Brooklyn, New York pada tahun 1940. Dia sangat menyukai komponen elektronik sejak usia dini. Dia bahkan bisa memperbaiki TV tetangganya dan membangun stasiun radionya sendiri dengan menggunakan bahan daur ulang.

Gerald Jerry Lawson kuliah di Queens College dan City College of New York tetapi keluar dan memulai karirnya di Palo Alto, California.

Kawasan tersebut kini dikenal sebagai lembah silikon karena banyaknya perusahaan teknologi baru dan inovatif yang berbasis di sana.

Setibanya di California, Gerald Jerry Lawson bergabung dengan Fairchild Semiconductor sebagai konsultan teknik.

Beberapa tahun kemudian, dia dipromosikan menjadi Director of Engineering and Marketing untuk departemen video game dan memimpin pengembangan konsol video game Fairchild Channel F.

Konsol adalah yang pertama dimainkan di rumah dan menampilkan kartrid yang dapat diganti, joystick 8 tombol, dan menu jeda. Channel F kemudian memelopori sistem video game masa depan seperti Atari, SNES, Dreamcast, dan lainnya.

Laman Google Doodle melaporkan bahwa pada tahun 1980, Gerald Jerry Lawson meninggalkan Fairchild dan memulai perusahaannya sendiri, VideoSoft.

VideoSoft menjadi salah satu perusahaan pengembangan video game pertama yang dimiliki oleh orang Afrika-Amerika.

VideoSoft membuat perangkat lunak untuk Atari 2600, yang mempopulerkan kartrid yang dikembangkan oleh Gerald Jerry Lawson dan timnya.

Meskipun ditutup 5 tahun kemudian,Gerald Jerry Lawson telah memantapkan dirinya sebagai pelopor dalam industri ini dan terus berkonsultasi dengan berbagai perusahaan teknik dan video game sepanjang kariernya.

Pada tahun 2011, Asosiasi Pengembang Game Internasional mengakui Gerald Jerry Lawson sebagai pelopor dalam industri video game rumahan.

University of Southern California juga menciptakan Gerald A. Lawson Fund untuk mendukung siswa kurang mampu yang ingin mengejar gelar dalam desain video game atau ilmu komputer. Hari ini, prestasi Gerald Jerry Lawson diabadikan dalam World Video Game Hall of Fame di Rochester, New York.

Kecanggihan teknologi video game rumahan seperti Sony Playstation 5 atau Nintendo Wii termasuk grafis, gameplay, dan berbagai algoritma, semuanya berawal dari apa yang ia sukai. Terima kasih Gerald Jerry Lawson atas hiburan yang Anda tinggalkan.

Related posts