Syarat dapat Bansos BLT Bumil dan BLT Balita sebesar Rp. 3 Juta

Ramal.id – Syarat dapat Bansos BLT Bumil dan BLT Balita – Bulan ini pemerintah mulai memperkenalkan bantuan sosial 2021 (bansos). Salah satu manfaatnya adalah Program Keluarga Harapan (PKH). Artinya ibu hamil, anak sekolah, balita, dan lansia (lansia) akan mendapat dukungan pemerintah mulai Januari 2021. Nah Simak dibawah Syarat untuk mendapatkan Bansos BLT Bumil, BLT Balita dan BLT Lansia :

Syarat dapat Bansos BLT Bumil

  • Seperti prosedur bantuan lainnya, untuk mendapatkan dana bantuan tersebut ibu hamil wajib memiliki Kartu Perlindungan Sosial
  • Jika Anda belum memiliki KPS, Anda bisa terlebih dahulu mengajukan permohonan kepada RT/RW lalu disampaikan ke kelurahan. Pada tahap ini akan di putuskan apakah anda layak menerima BLT
  • Apabila Anda memang layak mendapatkan dana bantuan maka Kepala Desa akan segera melaporkan ke Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan.
  • Setelah prosedur tersebut terpenuhi, Anda bisa menerima kartu PKH dan mengambil haknya sesuai ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah.

Mengacu pada laman resmi pkh.kemensos.go.id, Selasa (1/12), kelompok penerima manfaat  harus sudah terdaftar dan melakukan perjalanan ke institusi medis dan pendidikan terdekat. Ada beberapa kewajiban yang harus dimiliki calon penerima BLT Bumil di bidang kesehatan. Berbagai tanggung jawab, termasuk pemeriksaan ginekologi ibu hamil, nutrisi, imunisasi dan penimbangan tubuh anak. BLT Bumil akan disalurkan kepada ibu hamil dan balita dalam kurun waktu satu tahun. Adapun masa pencairan dilakukan 4 kali, di mulai dari Januari, April, Juli dan Oktober.

Baca Juga :

Sedangkan salah satu tanggung jawab BLT balita di bidang pendidikan adalah mendaftarkan dan memastikan keberadaan anggota keluarga PKH di lembaga pendidikan tersebut sesuai dengan jenjang sekolah dasar dan menengah. Kemudian untuk komponen perlindungan sosial yaitu penyandang disabilitas dan lansia berusia 70 tahun ke atas.

Nantinya, dukungan PKH diberikan kepada beberapa kategori keluarga. Rincian untuk ibu hamil atau nifas menerima tunjangan sebesar Rp 3 juta per tahun, anak usia dini 0-6 tahun Rp 3 juta per tahun, pendidikan sekolah dasar dari Rp 900.000 per tahun, pendidikan menengah sekolah – dari 1 tahun. Rp 5 juta, membesarkan anak-anak dengan SMA 2 juta per tahun, cacat 2,4 juta per tahun dan lansia 2,4 juta per tahun.

PKH diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup, menghilangkan stres, mengubah perilaku dan kemandirian dari KPM, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan inklusi keuangan.

Sumber  cnnindonesia

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :