Tak Cuma Ready Player One, Ini 8 Film dan Serial Soal Metaverse yang Cocok untuk Akhir Pekan

Jakarta, Istilah metaverse akhir-akhir ini sedang populer, terutama di kalangan pecinta teknologi. Apalagi setelah Mark Zuckerberg mengubah nama perusahaan induk Facebook menjadi Meta, agar bisa fokus ke metaverse.

Dalam dunia entertainment, dunia maya dan metaverse sendiri bukanlah sesuatu yang asing. Banyak film dan serial bergenre fiksi ilmiah mengangkat tema ini.

Banyak yang menggambarkan metaverse dengan dunia penuh aksi seperti Ready Player One dan Free Guy, tetapi beberapa juga menampilkan dunia gelap seperti di The Matrix atau seri Black Mirror.

Jadi, tidak hanya sisi positifnya, beberapa karya fiksi juga menggambarkan sisi gelap teknologi dunia maya dan sejenisnya dalam kehidupan manusia.

Berikut beberapa film dan serial bertema dunia maya dan metaverse yang cocok untuk kamu tonton di akhir pekan:

1. Ready Player One (2018)

Ready Player One menjadi film populer di era 2010-an yang membahas dunia maya yang berbalut aksi dan fan service bagi pecinta budaya pop.

Cerita yang diangkat dari novel tahun 2011 dengan judul yang sama ini menceritakan tentang sebuah kompetisi yang diadakan di dunia maya bernama OASIS (Ontologically Anthropocentric Sensory Immersive Simulation).

James Halliday, salah satu pendiri OASIS yang baru saja meninggal, menantang pemain di metaverse-nya untuk mewarisi dan mengontrol kekayaannya, serta dunia virtual.

2. Free Guy (2021)

Film yang dibintangi oleh aktor Deadpool Ryan Reynolds sebagai Guy ini menceritakan tentang seorang non-playable character (NPC) yang berada di dunia virtual, dimana pemain dari dunia nyata dapat bertindak sesuka hati.

Guy suatu hari menemukan dirinya di dunia game komputer, dan mencoba mempertahankan dunianya agar tidak dihapus oleh pengembang game.

3. The Matrix (1999-2021)

Tidak lengkap rasanya membicarakan dunia maya tanpa melewatkan film yang dibintangi Keanu Reeves sebagai Neo ini.

Pada film pertama, digambarkan bagaimana manusia berada dalam simulasi realitas yang disebut Matrix. Thomas Anderson, seorang programmer dengan nama hacker Neo, berhasil mengungkap kebenaran tentang Matrix.

Dia kemudian bergabung dengan pemberontakan untuk melawan mesin bersama orang lain yang telah dibebaskan dari Matrix. Film ini terkenal dengan efek penghentian waktu dalam adegan aksinya, serta adegan menghindari peluru yang ikonik.

4. Tron (1982-2010)

Tron adalah film fiksi ilmiah oleh Disney, dirilis pada tahun 1982. Jeff Bridges berperan sebagai Kevin Flynn, seorang insinyur perangkat lunak yang pernah bekerja di ENCOM, di mana mereka mencuri permainannya dan mengklaimnya.

Ketika Flynn mencoba meretas ke mainframe ENCOM, kecerdasan buatannya yang dikenal sebagai Master Control Program (MCP) menggunakan laser eksperimental untuk mengunggah Flynn ke realitas virtual.

Dunia ini disebut “Grid” dan dipenuhi dengan program hidup. Program-program ini dibedakan oleh “Pengguna” yang merupakan versi digital manusia yang telah ditransfer ke dalam Grid.

Sekuelnya, Tron: Legacy, dirilis pada 2010 dan menceritakan kisah Sam, putra Flynn yang menerima pesan dari ayahnya yang hilang di Grid.

5. Source Code (2011)

Source Code diperankan oleh Jake Gyllenhaal yang berperan sebagai Kapten Colter Stevens, seorang pilot tentara Amerika Serikat.

Pikirannya harus ditransfer ke tubuh seorang pria melalui realitas virtual, di mana ia harus menemukan pembom di kereta api, hanya dalam delapan menit.

6. Black Mirror (2011-2019)

Serial antologi Inggris yang tayang di Netflix ini bukan hanya tentang dunia maya, tapi dampak teknologi terhadap kehidupan pribadi masyarakat.

Namun tidak sedikit episode yang menceritakan tentang metaverse dan virtual reality, seperti San Junipero, Strike Vipers, Hang the DJ, Playtest dan USS Callister. Serial ini juga memiliki film interaktif berjudul Black Mirror: Bandersnatch.

7. Sword Art Online

Serial anime ini berkisah tentang dunia di mana sebagian besar penduduknya terlibat dalam game virtual reality MMO (massively multiplayer online).

Game in-universe ini menggunakan headset virtual yang memungkinkan pemain tidak hanya melihat dunia virtual di dalam game, tetapi juga melibatkan keempat indra mereka yang lain.

Cerita dimulai ketika 10.000 pemain yang memasuki Sword Art Online, mendapati diri mereka tidak dapat keluar darinya.

8. Wreck-it Ralph

Mirip dengan Free Guy, Wreck-it Ralph bercerita dari sisi karakter NPC bernama Ralph, antagonis dalam game Fix-It Felix, Jr., di mana ia lelah menjadi penjahat dan mencoba menjadi pahlawan.

Meski tidak ada sosok manusia yang dimasukkan ke dalam game, dunia yang ditampilkan dalam film ini menggambarkan dunia virtual yang penuh dengan karakter dari game, dan berbagai franchise Disney populer dalam sekuelnya.

Selain judul-judul tersebut, tentunya masih banyak film dan serial menarik seputar dunia maya dan metaverse yang bisa kamu tonton di penyedia layanan streaming legal.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :