Tersangka Penistaan Agama, Roy Suryo Ditahan Polisi

Usai menjalani pemeriksaan ketiga sebagai tersangka, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo resmi ditahan di Polda Metro Jaya. Roy Suryo menjadi tersangka penodaan agama terkait unggahan meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kabag Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan, upaya penahanan itu dilakukan sejak Jumat malam (5/8).

Menurut Zulpan, Roy Suryo akan ditahan selama 20 hari ke depan. Penahanan ini dilakukan karena ada kekhawatiran penyidik yang bersangkutan akan menghilangkan barang bukti dan sebagainya.

Hal ini tertuang dalam Pasal 21 ayat 1 KUHAP. Penyidik kemudian menyita sejumlah barang bukti dalam kasus tersebut.

“Kemudian beberapa barang bukti yang disita mulai malam ini terkait tindak pidana ini di antaranya adalah akun Twitter saudara Roy Suryo, handphone saudara Roy Suryo, dan handphone dari saksi atas nama Ade Suhendrawan,” kata Zulpan.

Dalam perkara ini, Roy Suryo sudah tiga kali diperiksa oleh penyidik Polda Metro Jaya. Pada Jumat (23/7) lalu Roy Suryo menjalani pemeriksaan sebagai tersangka untuk pertama kalinya. Ketika itu dia diperiksa kurang lebih 12 jam dan keluar menggunakan kursi roda akibat kelelahan.

Roy dijerat dengan Pasal 28 Ayat 2 jo Pasal 45 Ayat 2 Undang Undang 19/2016 tentang ITE, Pasal 156 a KUHP dan Pasal 15 Undang Undang 1/1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

 

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :