Tulislah Gagasan Pokok dan Pendukung Teks Bekerja Sama dalam Keberagaman Kelas 4 Halaman 77 78 79

Tulislah Gagasan Pokok dan Pendukung Teks Bekerja Sama dalam Keberagaman Kelas 4 Halaman 77 78 79 – Pada kesempatan ini kami akan membahas perihal Tulislah Gagasan Pokok dan Pendukung Teks Bekerja Sama dalam Keberagaman Kelas 4 Halaman 77 78 79. Dengan adanya pembelajaran ini, besar kemauan Ramal.id bahwa kalian dapat menerapkan tulisan ini sebagai sebuah pertanda untuk belajar. Nah seketika saja untuk teman teman kelas 4 SD lantas kita belajar bersama dibawah ini :

Tulislah Gagasan Pokok dan Pendukung Teks Bekerja Sama dalam Keberagaman – Bacalah setiap paragraf dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya pada diagram yang telah disediakan. Pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 4 halaman 77 78 79, tepatnya pada materi pembelajaran 1 subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman, buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017.

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal mengenai Bagaimana cara memainkan permainan benteng-bentengan dan gobak sodor. Sudah mengerjakannya kan? Jika belum, silahkan buka link tersebut!

Suku, budaya, dan agama yang berbeda tidak menghalangi Udin, Siti, Dayu, Beni, Lani, dan Edo menjalani kebersamaan. Mereka berbagi cerita tentang budaya masing-masing dan saling belajar. Hari-hari mereka penuh keceriaan dalam kebersamaan. Hari ini mereka berkumpul bersama untuk bekerja sama.

Bacalah teks berikut dalam hati!

Bekerja Sama dalam Keberagaman

Edo dan kelima temannya mendapat tugas untuk melakukan percobaan tentang bunyi. Sepulang sekolah, mereka berkumpul di rumahnya. Setiap orang sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Lani dan Siti membawa beberapa kaleng yang sudah dilubangi. Udin dan Beni membawa benang kasur. Mereka berkumpul di halaman depan rumah. Keenam sekawan siap bekerja sama melakukan percobaan.

Saat percobaan akan dimulai, tiba-tiba terdengar adzan. Siti dan Udin meminta izin teman-temannya untuk shalat. Teman-temannya mengizinkan mereka untuk melakukan ibadah. Edo meminjamkan ruang makannya untuk digunakan Siti dan Udin Shalat. Meskipun Edo beragama Katolik, ia tidak keberatan rumahnya dipakai untuk shalat. Beni yang beragama Kristen, Dayu yang beragama Hindu, dan Lani yang beragama Buddha menunggu dengan sabar temannya beribadah. Keenam sahabat selalu menghargai satu dengan yang lain.

Tiba saatnya keenam sekawan melakukan percobaan. Setiap orang menunjukkan tanggung jawabnya dalam bekerja. Tidak ada satu pun di antara mereka yang duduk diam atau memberi perintah saja. Semuanya ikut bagian dalam percobaan. Saat Dayu membutuhkan pertolongan memotong benang, Udin datang membawakan gunting. Saat Edo kesulitan menalikan benang di kaleng, Siti ikut membantu. Keenam sahabat bekerja sama dengan semangat. Mereka hidup rukun, saling membantu meskipun berbeda agama.

Setelah melakukan percobaan tentang perambatan bunyi, Edo dan sahabatnya juga belajar bersama tentang sumber bunyi. Mereka membaca buku yang menyatakan bahwa telinga bisa mengetahui sumber bunyi.

Bacalah setiap paragraf dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya pada diagram yang telah disediakan.

Bacalah paragraf pertama dan isi diagram berikutnya!

Jawab:

tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukung teks Bekerja Sama dalam Keberagaman

No. Paraggraf Gagasan Utama Gagasan Pendukung
1. Paragraf 1 Edo dan kelima temannya mendapat tugas untuk melakukan percobaan tentang bunyi.
  1. Sepulang sekolah, mereka berkumpul di rumanya.
  2. Setiap orang sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.
  3. Lani dan Siti membawa beberapa kaleng yang sudah dilubangi.
  4. Udin dan Beni membawa benang kasur.
  5. Mereka berkumpul di halaman depan rumah.
  6. Keenam sekawan siap bekerja sama melakukan percobaan.
2. Paragraf 2 Keenam sahabat selalu menghargai satu dengan yang lain.
  1. Saat percobaan akan dimulai, tiba-tiba terdengar adzan.
  2. Siti dan Udin meminta izin teman-temannya untuk shalat.
  3. Teman-temannya mengizinkan mereka untuk melakukan ibadah.
  4. Edo meminjamkan ruang makannya untuk digunakan Shalat.
  5. Edo tidak keberatan rumahnya dipakai untuk shalat.
  6. Teman yang lain menunggu dengan sabar.
3. Paragraf 3 Mereka hidup rukun, saling membantu meskipun berbeda agama
  1. Tiba saatnya keenam sekawan melakukan percobaan.
  2. Setiap orang menunjukkan tanggung jawabnya dalam bekerja.
  3. Tidak ada satu pun di antara mereka yang duduk diam atau memberi perintah saja.
  4. Semuanya ikut bagian dalam percobaan.
  5. Saat Dayu membutuhkan pertolongan memotong benang, Udin datang membawakan gunting.
  6. Saat Edo kesulitan menalikan benang di kaleng, Siti ikut membantu.
  7. Keenam sahabat bekerja sama dengan semangat.

Baca Juga Pembahasan Soal Halaman Selanjutnya :

Ayo Mencoba

Ayo, kita membuktikannya dengan melakukan percobaan.

Di Manakah Bunyi?

Tujuan: Mengidentifikasi sumber dan tempat bunyi berasal.
Alat dan Bahan: Alat musik tradisional setempat (misalnya angklung)

Langkah Kerja:
1. Duduklah di kursi dan tutup matamu dengan kain. Mintalah temanmu untuk memainkan alat musik tradisional (misalnya angklung) di sekitarmu.
2. Tunjuklah tempat yang kamu anggap sebagai asal bunyi. Berapa kalikah kamu menebak dengan tepat?

Buatlah laporan dari salah satu percobaan yang kamu lakukan!

Contoh Laporan Hasil Percobaan, buka DISINI.

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 4 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 77 78 79 tentang Tulislah Gagasan Pokok dan Pendukung Teks Bekerja Sama dalam Keberagaman. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih! Jawaban lengkap, buka disini: Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 Halaman 77 78 79 81 82 84 85 Pembelajaran 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :