Elvina Varinci Seorang Penulis dan praktisi di bidang ramalan. Telah lama menekuni dan membuat blog tentang ramalan bintang dan ramalan shio. Sedang menekuni untuk review teknologi dan juga penggunaan Kata Kata Ucapan

Urutan OS Android Terendah sampai Tertinggi Sekarang

Urutan OS Android Versi

Urutan OS Android Terendah sampai Tertinggi Sekarang – Android merupakan salah satu sistem operasi yang digunakan smart phone sekarang ini dengan basis Linux. Yang membuat Android dapat berkembang pesat adalah karena android memiliki sifat open source. Hampir semua HP sekarang ini mulai dari merk Samsung, Xiaomi, Huawei, Oppo dll menggunakan android sebagai sisitem operasinya. Nah tau kah kamu Versi android hp kamu sekarang ? Dari mana munculnya android ? Siapa yang membuat open source ini ? Langsung saja ramal.id akan berikan rangkuman menariknya dibawah ini :

Sejarah Android

Sejarah Android – Sistem Operasi Android pertama kali dibuat pada tahun 2003 di Palo Alto California oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Pada mulanya sistem operasi android di ciptakan adalah untuk memberikan saingan kepada sistem yang sedang populer pada saat itu yakni symbia. Pada pertengahan tahun 2005, Google mengakuisisi android sebagai salah satu anak perusahaannya. Pada tahun 2008 karena sifatnya yang open Source, android mengalami perkembangan yang sangat besar untuk mempebaiki bugs dan fitur fitur baru di lengkapi. Hingga saat ini android memang masih menjadi sistem operasi yang diandalkan khusunya untuk perangkat mobile.

Urutan Versi Android

Android memiliki urutan versi yang mudah diingat dikarenakan keunikannya. Ya Android menggunakan berbagai macam makanan manis sebagai nama versi baru yang diluncurkan. Berikut dibawah ini akan kami berikan urutan versi android lengkap mulai dari Terendah sampai Tertinggi Sekarang :

1. Android 1.0 dan Android 1.1

Urutan OS Android pertama adalah android 1.0. Android versi 1.0 pertama kali di gunakan oleh HTC sebagai sistem operasinya. Pada saat itu, Android 1.0 sudah dapat melakukan sinkronisasi dengan Gmail, Youtube dan lainnya. Tidak berselang lama, Android 1.0 langsung di upgrade menjadi Android 1.1 dan diberi nama Petit Four. Apa itu Petit Four ? Petit Four merupakan makanan manis dengan ukuran kecil dari negara Prancis. Android 1.1 waktu itu hanya di gunakan pada HTC Dream.

2. Android 1.5 Cupcake

Tidak butuh waktu yang lama untuk android melakukan update pada sistemnya. Pada tanggal 27 April 2009, diluncurkan lah versi terbaru Andorid Cupcake. Versi Android 1.5 Cupcake ini menggunakan basis linux Kernel 2.6.27. Pada versi ini sudah muncul fitur fitur baru seperti Widget, Auto rotate dan juga Virtual Keyboard. Jika dibandingkan dengan sekarang, Android 1.5 Cupcake hanya memiliki fitur dasar saja. Tetapi dengan dimunculkannya fitur fitur baru menjadi hal yang menarik pada saat itu.

3. OS Android Versi 1.6 Donut

Update selanjutnya Urutan OS Android setelah Cupcake adalah Android 1.6 Donut. Pada versi update kali ini, Google memberikan fitur baru seperti mesin penerjemah text ke suara. Fitur lainnya juga diaktifkan seperti indikator Baterai, Galery, Kamera. Versi 1.6 Donut juga telah mendukung resolusi layar WVGA. Pada upgrade Android 1.6 Dounut secara umum hanya penambahan fitur dan perbaikan bugs saja. Tetapi fitur fitur nya sangat menarik untuk penggunanya

4. OS Android Versi 2.0 Eclair

Tepat sebulan setelah melakukan upgrade pada sistem android. Dirilis lah Android Versi 2.0 dengan nama Eclair sebagai Urutan OS Android selanjutnya. Pada versi ini banyak fitur yang di sematkan seperti teknologi Bluetooth, G Maps, Flash Kamera dan juga Live Wallpaper. Yang menjadi terobosan besar adalah kecepatan ketikan dengan Virtual Keyboard menjadi sangat baik.

5. OS Android Versi 2.2 Frozen Yogurt (Froyo)

Versi Android Eclair membuat popularitas Android menjadi berkembang pesat. Pada 20 Mei 2010, Google merilis lagi versi baru Android 2.2 dengan nama Froyo yang merupakan singkatan Frozen Yogurt. Android Froyo mengalami banyak kemajuan khususnya pada performa dan optimisasi kecepatan dan emori. Ditambahkannya juga fitur yang sedang trend saat itu adalah USB Thetering, Wifi Hotspot dan juga Push Notification. Android Froyo 2.2 juga memungkinkan pemindahan data ke memori eksternal dan mendukung adobe Flash.

6. OS Android Versi 2.3 Gingerbread

OS Android 2.3 Gingerbread dapat dikatakan sebagai batu lompatan popularitas Android. Versi Gingerbread menjadikan user user yang sebelumnya menggunakan IOS dan Blackberry pada saat itu, mulai tertarik dengan kecanggihan android. Android 2.3 Gingerbread di rancang lebih simpel dan di beri fitur NFC serta penggunaan Virtual Keyboard dengan akurasi yang sangat baik dan memungkinkan copy paste kalimat terjadi. Terdapat beberapa update yang membuat Android 2.3 Gingerbread mulai di gembor gemborkan orang.

6. OS Android Versi 3.0 Honeycomb

Urutan OS Android selanjutnya adalah Android 3.0 Honeycomb yang dirilis pada tanggal 22 Februari 2011. Android versi ini memang tidak terlalu mencolok karena kehadirannya digunakan untuk perangkat tablet saja waktu itu. Fitur terbaru juga ditambahkan untuk versi ini seperti multi core precessor, audio playback, layar home screen dan mode Full Screen. Pada saat itu tablet juga sedang menjadi trend di dunia, kemunculan Honeycomb membuat banyak terobosan baru.

7. OS Android Versi 4.0 Ice Cream Sandwich

Android Honeycomb yang hanya berjalan di tablet sepertinya tidak dikembangkan secara terpisah lagi. Dengan diluncurkannya Andorid Ice Cream Sandwich, sistem operasi android di hp dan di tablet di satukan kembali. Versi ini di rilis pada 13 November 2011 dengan diberikan fitur baru seperti transfer data yang lebih cepat dengan NFC dan sudah mendukung video record Full HD

8. Android 4.1 – 4.3 Jelly Bean

Android Jelly Bean tidak banyak fitur baru yang di tambahkan. Upgrade kali ini, lebih kepada peningkatan performa dan keamanan sistem. Walaupun tidak banyak fitur baru yang ditambahkan tetapi fitur baru yang mendapatkan perhatian adalah dukungan emoji dan juga group messaging yang menjadikan Jelly Bean menjadi perhatiaan.

9. Android 4.4 KitKat

Tanggal 3 September 2013, Versi Android KitKat di liris. Fitur fitur baru disematkan pada versi ini. Penambahan versi ini lebih fokus kepada peningkatan user experience pengguna. Android Kitkat mengalami berbagai kritik karena pada versi ini, user tidak bisa lagi memindahkan data ke memori external. Sebagai gantinya pembatansan RAM ditingkatkan pada versi android kitkat menjadi 513 MB.

10. OS Android Versi 5.0 Lollipop

Versi Android 5.0 yang dinamakan Android Lollipop memberikan tampilan yang lebih bagus dan terlihat lebih minimalis. Versi ini juga ditambahkan sistem Anti Malware dan Smart Lock. Yang menjadi pusat perhatian pada versi ini adalah hadirnya notifikasi saat layar terkunci. Tetapi sayangnya Android Lollipop mendapatkan kesan yang kurang baik karena dianggap membosankan dair sisi tampilan.

11. Android 6.0 Marshmallow

Android Versi 6.0 Marshmallow tidak banyak juga perubahan yang diberikan seperti versi Lollipop. Fitur baru yang justru dianggap canggih adalah adanya mode display dengan resolusi 4K, Doze untuk penghematan baterai, sensor sidik jadi dan juga adanya fitur yang mendukung MIDI untuk Musik. Dengan adanya fitur yang dianggap canggih ini mengobati rasa kecewa di versi lollipop.

12. Android 7.0 – 7.1 Nougat

Android Versi 7.0 OS Nougat merupakan pengembangan dari OS Marshmallow. Pada versi ini dihadirkanlah Google Assistant untuk menggantikan Google Now. versi Android Nougat juga membawa peningkatan pada performa. Android Nougat juga sudah mendukung multitasking sehingga pada saat bersamaan dapat menggunakan 2 aplikasi secara bersamaan misalnya nonton youtube sambil balas pesan. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah yang sangat diinginkan user.

13. OS Android Versi 8.0 Oreo

Urutan selanjutnya untuk Urutan OS Android adalah Android 8.0 Oreo. Android Oreo memberikan penawaran multitasking yang telah di sempurnakan dan dengan tampilan Ui yang lebih rapi lagi. Android versi 8.0 ini juga mengalami kecepatan booting yang 2 kali lebih cepat dari versi sebelumnya. Penambahan fitur lainnya seperti Autofill dan Notification Dots membuat Android Oreo berkembang lebih maju.

14. OS Android Versi 9.0 Pie

Versi Android lanjutan adalah Android 9.0 Pie yang banyak di gunakan oleh Smart Phone di tahun 2020 ini. Pada versi Android Pie terdapat dukungan AI sehingga membuat HP kamu benar benar menjadi sebuah Smart Phone. Dengan dilengkapi dengan AI membuat Android ini dapat menganalisa pemakaian baterai dan juga dapat mengingatkan kamu apabila terlalu lama menggunakan HP. Versi Android Pie juga dilengkapi dengan fitur Shush dan Do Not Disturb yang di sempurnakan.

15. Android 10 Versi Android Tertinggi sekarang

Urutan tertinggi dan terakhir adalah Android 10. Android 10 merupakan versi android tertinggi sekarang yakni di tahun 2020. Pada Android 10 ditambahkan banyak fitur untuk mempermudah user nya.Mulai dari Smart Reply dan Fitur Dark Theme. Fitur Dark Theme ini sendiri dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna disaat malam hari. Fitur Android 10 lainnya adalah Sound Amplifier, Format Foto HEIF, Privacy dan App Permission yang lebih di perketat lagi.

Telah kalian simak urutan sistem operasi Android dari awal hingga tertinggi sekarang ini. Dengan didukung Open sourche dan juga kecepatan dalam update dan juga penyediaan fitur fitur baru tentunya membuat android menjadi pilihan terdepan untuk Sistem operasi di Hp. Demikian ulasan yang dapat kami berikan dan semoga bermanfaat. Kamu juga dapat membaca Aplikasi Kamera DSLR di HP Android

Avatar for Elvina Varinci
Elvina Varinci Seorang Penulis dan praktisi di bidang ramalan. Telah lama menekuni dan membuat blog tentang ramalan bintang dan ramalan shio. Sedang menekuni untuk review teknologi dan juga penggunaan Kata Kata Ucapan