Warga NU Tolak Ustaz Firanda Ceramah di Wajo Karena Dianggap Radikal

Wajo – Keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulawesi Selatan) menolak kedatangan Ustaz Firanda Andirja Abidin dalam acara tablig akbar dan silaturahmi dengan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman. Penolakan ini didasarkan pada anggapan bahwa Ustaz Firanda adalah pendakwah radikal.
“Kami menolak kehadiran Ustaz Firanda Andirja di Kabupaten Wajo karena berpotensi menimbulkan gesekan di masyarakat,” kata Ketua Umum GP Ansor Wajo Muhammad Ihwan Kamis (24/3/2022).

Ihwan menegaskan bahwa Ustaz Firanda sangat tegas dalam berdakwah dan hampir semua praktik keagamaan dikucilkan dan disalahkan. Ihwan mengatakan tidak ingin kedatangan Ustaz Firanda menimbulkan konflik.

“Ustaz Firanda terindikasi ulama radikal, sedangkan Wajo lumbung pesantren, kota santri. Gudang ulama berkarakter Nahdliyyin pasti akan menimbulkan riak dan konflik di masyarakat,” imbuhnya.

Pihaknya juga meminta kepada Pemkab Wajo untuk tidak sembarangan mengundang dan mengizinkan narasumber dari luar yang tidak diketahui ideologi atau alirannya

“Kami menolak sedini mungkin sebelum hadir, apalagi ultah Wajo adalah pesta bagi masyarakat Wajo. Kami di Wajo, keberagaman kami rukun, kondusif dan tidak ada masalah. Dikhawatirkan pengajian di masjid agung akan memberikan manfaat. doktrin,” jelasnya.

“Bukan soal figur, tapi soal prinsip dalam berdakwah karena dia menilai kelompok lain,” lanjutnya.

Diketahui, dalam rangka menyukseskan salah satu rangkaian HUT Wajo ke 623, digelar Tabligh Akbar dan Silaturahmi dengan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan. Taklim dan kajian akan disampaikan oleh Ustaz Firanda Andirja pada Senin, 28 Maret.

Terkait penolakan tersebut, Kepala Biro Administrasi Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Wajo Ernawati Aras mengaku belum bisa memastikan kedatangan Ustaz Firanda. Apalagi ada permintaan dari masyarakat Wajo yang menolak kedatangannya.

“Belum bisa komentar. Kita baru mau rapat,” ujarnya saat dimintai konfirmasi terpisah.

Kamu juga Bisa Membaca Ramalan ini :